Bulan Depan Kegiatan Hour Of Digital Berlanjut di Kawasan Penjaringan

Kegiatan Hour Of Code bagi generasi alpha akan diadakan bergilir di wilayah DKI Jakarta.

Bulan Depan Kegiatan Hour Of Digital Berlanjut di Kawasan Penjaringan
Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Puluhan anak-anak di Rusun Jatinegara Barat, Jakarta Timur ikuti acara Hour Of Code di Aula Lantai 2, Sabtu (24/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Kegiatan Hour Of Code bagi generasi alpha akan diadakan bergilir di wilayah DKI Jakarta.

Hour Of Code merupakan gerakan Internasional yang bertujuan untuk mengajarkan materi dasar yakni coding kepada siapapun, terutama pada anak Sekolah Dasar di kawasan permukiman padat.

Hour Of Code didirikan oleh  pelajar SMA Ipeka Integrated Christian School yang berangkat dari niat tulus untuk membantu anak-anak yang membutuhkan pembelajaran teknologi.

Sejumlah pelajar ini kemudian menamakan diri mereka sebagai GenDigital yang resmi didirikan pada November 2018 lalu yang diketuai oleh Issac Edwin Winoto.

Puluhan Anak Rusun Jatinegara Barat Antusias Ikuti Pembelajaran Teknologi Digital

Sebelumnya pada April 2019, GenDigital sudah berhasil memberikan bimbingan rutin pada sejumalah anak di Jakarta Barat setiap hari Sabtu.

Sebagai langkah selanjutnya mereka ingin memberikan kegiatan Hour Of Coding di seluruh Provinsi DKI Jakarta.

"Awalnya ide dirikan komunitas ini kan karena melihat banyak anak-anak usia 8-11 tahun (generasi alpha) diterbentur fasilitas tapi ingin tetap belajar. Berangkat dari situ kita ingin menjangkau secara keseluruhan di permukiman padat dan penghasilan rendah untuk memberikan pendidikan khususnya di bidang teknologi digital," ungkapnya di Rusun Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2019).

Baru merintis menjadikan GenDigital menjadikan komunitas ini secara bertahap memberikan pembelajaran. Mereka juga memerlukan dukungan dan kerjasama dari pihak lain untuk mendukung dan memperluas jaringan, salah satunya seperti dengan Wahana Visi Indonesia.

"Nanti untuk bulan September kita adakan di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Kemudian nanti ke depannya dipikirkan lagi akan kemananya. Untuk sementara ke situ dulu," sambungnya.

Melalui kegiatan ini, GenDigital berharap anak Indonesia bisa melek teknologi.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved