Hindari Kesalahan Ini Jika Ingin Masakan Anda Cepat Matang dan Hemat Gas

Ia mengatakan, semakin sering kita mengaduk masakan maka semakin lama juga masakan kita akan matang.

Hindari Kesalahan Ini Jika Ingin Masakan Anda Cepat Matang dan Hemat Gas
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Chef Degan (kiri) melakukan demo masak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/9/2019). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Memasak, adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi Ibu rumah tangga.

Namun meski seringkali dilakukan, tak sedikit masyarakat masih keliru mengenai teknik atau cara memasak yang baik dan benar.

Profesional Chef Degan Septoadji mengatakan, salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan oleh masyarakat saat memasak adalah memasukan banyak bahan secara sekaligus ke dalam wadah.

Hal ini, kata Chef Degan dapat membuat suhu dalam wadah menjadi menurun. Sehingga menyebabkan masakan menjadi lebih lama matangnya. Termaksud dengan memasukan spatula dan mengaduk masakan secara terus menerus.

"Kesalahannya adalah wadah (ukuran) sedikit tapi dimasukin (bahan) terus. Jangan, minyak itu saat panas ada suhunya. Misalnya saja saat kita masukin tempe tiga potong dengan tempe enam potong kan beda, suhunya akan turun. Kita lihat tempatnya. Kalau ukuran cuma segitu, jangan semua dimasukin, perlahan aja," kata Degan, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/9/2019).

Beredar Foto Bima KKN di Desa Penari di Media Sosial, Ini Kata Pemilik Akun SimpleMan

"Apalagi sendok, yang masuk itu sendok suhunya dingin. Lali diputer-puter di aduk. ya turun suhunya," paparnya.

Ia mengatakan, semakin sering kita mengaduk masakan maka semakin lama juga masakan kita akan matang.

Sebab, jumlah banyaknya bahan dan material spatula sendiri dapat menyebabkan suhu minyak, atau air yang telah dipanaskan menjadi turun.

Ia pun mengibaratkan hal tersebut dengan AC dalam suatu ruangan.

"Lihat saja di lift, itu ada AC nya. Kalau yang masuk 10 orang apa berasa dingin AC nya? kan engga. Nah sama kalau menggoreng dengan minyam jangan terlalu banyak diaduk. Masak air juga sama logika aja. Kita masak susu, begitu mendidih dia akan naik. Kita masukan sendok kita aduk, pasti akan turun lagi. Suatu yang mendidih kita masukin sendok pasti suhunya akan turun," bebernya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved