Anak Sekolah Jadi Sasaran Utama Penumpang Jak Lingko

Terhitung hingga menjelang akhir tahun 2019, baru wilayah Jakarta Timurlah yang didatangi oleh pihak TransJakarta.

Anak Sekolah Jadi Sasaran Utama Penumpang Jak Lingko
TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Perwakilan PT TransJakarta memeberikan pemaparan terkait sosialisasi Program Jak Lingko di Kantor Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (4/9/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Anak sekolah jadi sasaran penumpang Jak Lingko di wilayah DKI Jakarta.

Jak Lingko merupakan satu sistem transportasi di DKI Jakarta yang dimana angkutan bus kecil terintegritas dengan bus sedang (non BRT Trans Jakarta), bus besar (BRT TransJakarta) dan angkutan yang berbasis rel seperti MRT dan LRT.

Terdapat empat kriteria pemilihan beroperasinya Jak Lingko yakni di area yang belum tercover layanan angkutan umum, kawasan atau permukiman padat penduduk, rute diutamakan melintasi fasilitas sosial dan fasilitas umum serata terhubung dengan feeder dan koridor TransJakarta.

Dari ke-4 kriteria tersebut, rupanya PT TransJakarta menargetkan sasaran utama pengguna Jak Lingko justru dari kalangan anak sekolah, baik Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Jadi gini, kantung pelanggan itu tidak bisa dipungkiri ada di anak sekolah. Misalnya libur sekolah ternyata pelanggannya menurun drastis. Setelah kami survei, ternyata anak-anak sekolah itu banyak menggunakan transportasi umum. Maka dari itu sasaran utama kita di anak sekolah, ungkap Sekertaris Perusahaan PT TransJakarta, Nadia Disposanjoyo di Pasar Rebo, Rabu (4/9/2019).

Karena sasarannya pada anak sekolah, PT TransJakarta akan memberikan sosialisasi terkait Jak Lingko ke seluruh sekolah yang ada di wilayah DKI Jakarta, baik negeri maupun swasta.

Terhitung hingga menjelang akhir tahun 2019, baru wilayah Jakarta Timurlah yang didatangi oleh pihak TransJakarta.

Dorong DPRD Segera Sahkan Wagub, Gubernur Anies Tunggu Dewan Rampungkan AKD

TransJakarta Ajak Warga Jakarta Bantu Evaluasi Kinerja Sopirnya di Lapangan

Kebakaran Pabrik Sepatu Khusus TNI-Polri di Bandengan Diduga Akibat Percikan Api dari Mesin Gerinda

"Kami sudah lakukan pemetaan dan survei. Untuk sekolah yang lokasinya berdekatan dengan jalan akan kami dahului. Sedangkan untuk yang di gang akan kami nomor duakan. Prioritas kami langsung bersentuhan dengan armada kami," sambungnya.

Nantinya urutan sosialisasi Jak Lingko di sekolah ini akan dimulai dari SMA Negeri dan menurun hingga ke jenjang SD. Kemudian baru ke SMA hingga SD swasta.

Dengan sosialisasi, PT TransJakarta berharap para warga Jakarta mulai beralih ke angkutan umum dan membantu mengurangi polusi udara serta mengurangai kemacetan yang ada.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved