PKL Dianggap Pejuang Ekonomi, Pemkot Jakarta Timur Akan Siapkan Relokasi

Namun pada kenyataannya di Jakarta masih banyak trotoar yang dialih fungsikan menjadi lapak berjualan oleh para Pedagang Kaki Lima (PKL).

PKL Dianggap Pejuang Ekonomi, Pemkot Jakarta Timur Akan Siapkan Relokasi
TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto, Jumat (6/9/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Pemerintah Kota Jakarta Timur bantu atasi masalah Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan rencana relokasi.

Berdasarkan Perda DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum, salah satu isi pasal 12 menyebutkan jika setiap orang atau badan dilarang untuk menyalahgunakan atau mengalih fungsikan jalur hijau, taman dan tempat-tempat umum.

Namun pada kenyataannya di Jakarta masih banyak trotoar yang dialih fungsikan menjadi lapak berjualan oleh para Pedagang Kaki Lima (PKL).

Tak jarang, mereka kerap kali lakukan aksi kucing-kucingan dengan para petugas Satpol PP.

Melihat kondisi yang ada, Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto mengatakan saat ini Pemkot Jakarta Timur sedang berusaha memfasilitasi pada PKL untuk di relokasi.

Maraknya PKL di Jakarta Timur dan adanya revitalisasi trotoar, membuat Pemkot Jakarta Timur diam saja dan tak ambil tindakan.

Baik usaha besar maupun kecil, dijelaskannya harus mendapatkan kesetraan dan kenyamanan dalam menjajakan barang dagangannya.

"Mereka enggak mungkin dibongkar tapi didiamkan begitu saja. InsyaAllah kami dari Pemkot Jakarta Timur mempunyai upaya-upaya bagaimana caranya mereka agar tetap berusaha, supaya tak mematikan usahanya. Program trotoar berjalan. Kami memfasilitasi dengan mencari relokasi," ucapnya di Pekan Raya Koperasi di JIV, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (6/9/2019).

Sudah Pulang, Pengemudi Mobil yang Terperosok di TPU Tanah Kusir Tidak Mengalami Luka

Pengemudi Mobil yang Terperosok di TPU Tanah Kusir tidak Mengalami Luka-luka

Masalah PKL, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Ajak Swasta Berkolaborasi

Pemkot Jakarta Timur juga mengajak para PKL untuk saling bekerjasama dan menunjukan sikap yang baik ketika diberikan sosialiasi.

Sikap yang koperatif akan berdampak baik dalam pendataan PKL di sejumlah titik yang saat ini masih dalam proses.

Jumlah dan data pasti PKL nantinya untuk menentukan titik relokasi.

"Kami memberikan ruang untuk para PKL karena bagaimanapun mereka kan pejuang-pejuang ekonomi. Untuk yang masih ada PKL kita terus memberikan sosialisasi kepada teman-teman dari para pedagang PKL. Dengan harapan mereka bisa memahami," tutupnya.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved