150 Lubang Biopori akan Dibuat di Ciracas

Mamad memastikan bahwa sebelum musim hujan tiba, pembuatan lubang biopori tersebut sudah tercapai hingga 150 ribu

150 Lubang Biopori akan Dibuat di Ciracas
TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Plt Camat Ciracas Mamad, Jumat (13/9/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Plt Camat Ciracas, Mamad menargetkan pembuatan lubang biopori di wilayahnya sebanyak 150 ribu.

Biopori adalah teknologi alternatif dan sederhana untuk penyerapan air hujan selain sumur resapan.

Tak hanya untuk resapan air, biopori juga berguna sebagai pengolah sampah rumah tangga yang dapat diterapkan di lahan pemukiman perkotaan yang sempit.

Biopori juga memiliki manfaat untuk mencegah banjir, memperbanyak cadangan air tanah dan juga mengurangi sampah buangan.

Untuk itu, Mamad telah melakukan kordinasi kepada para lurah di wilayah Ciracas untuk terus melakukan penghijauan guna membantu kurangi kadar polutan dan lakukan pembuatan biopori di tiap-tiap wilayah.

Begini Kondisi Rumah Alexander Marwata di Tangerang Selatan

"Target sumur resapan biopori di wilayah Kecamatan Ciracas ini diminta 150 ribu lubang biopori. Saat ini sedang kita lakukan karena arah seperti itu. Untuk sumur resapan juga kita imbau agar setiap unit kantor ukpd dan sekolah juga membuat minimal sumur resapan," jelasnya di Ciracas, Jumat (13/8/2019).

Dijelaskan Mamad, dari 150 ribu biopori yang ditargetkan, baru 35 ribu lubang biopori yang dibuat.

Namun Mamad memastikan bahwa sebelum musim hujan tiba, pembuatan lubang biopori tersebut sudah tercapai hingga 150 ribu.

"Yang sudah terealisasi sampai hari ini ialah 35 ribu dari target 150 ribu. Hal ini disebabkan karena di wilayah itu biasanya masih terkendala oleh struktur tanah atau pada bagian konbloknya. InsyaAllah sebelum musim penghijau tiba, ini semua kelar," tandasnya.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved