Breaking News:

Kali Pertama, Festival Cakung Hadir di Situ Rawa Badung

Festival Cakung Tahun 2019 digelar di Situ Rawa Badung, Jalan Dr KRT Radjiman Widyodingrat, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (14/9/2019).

TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Suasana Festival Cakung di Jalan Dr KRT Radjiman Widyodingrat, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (14/9/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Festival Cakung Tahun 2019 digelar di Situ Rawa Badung, Jalan Dr KRT Radjiman Widyodingrat, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (14/9/2019).

Festival ini juga menjadi bagian dari rangkaian HUT ke-74 RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu.

Acara yang bertemakan SDM yang unggul, Indonesia maju ini memiliki tujuan untuk melestarikan, menumbuh kembangkan nilai-nilai sosial masyarakat dan budaya yang berlaku dalam kehidupan warga masyarakat.

Dalam pembukaan Festival Cakung, dihadiri juga oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar, Camat Cakung Achmad Salahudin, Lurah se-Kecamatan Cakung serta perwakilan lainnya.

"Festival ini menjadi bagian dari festival kita yang diperintahkan oleh Pak Gubernur untuk mengangkat potensi yang ada di wilayah masing-masing. Tentunya kalau melihat dari jumlah penduduk. Banyak budaya lokal di sini yang belum tergali. Diharapkan festival ini dapat mengangkat semua budaya dan kearifan lokal serta kulinernya," jelas Anwar di lokasi, Sabtu (14/9/2019).

Festival Cakung menjadi salah satu bentuk upaya yang dilakukan untuk mendukung program Pemkot Jakarta Timur dalam meningkatkan profesionalitas, kepercayaan, keramahan, kultur budaya serta keberanian untuk berubah dan saling bersinergi dengan masyarakat menuju SDM yang unggul tanpa melupakan sejarah yang ada.

Untuk itu disediakan juga 40 stand bazar PKT yang berisikan kuliner maupun handy craft dari warga Cakung guna meningkatkan ekonomi kerakyatan atau usaha mikro di wilayah tersebut.

"Saya harap penyelegaraan ini bukan hanya sekedar cerominial saja, tapi dapat terus diupayakan dalan rangka melestarikan dan menumbuh kembangkan serta mengeksplorasi budaya lokal khususjya budaya Betawi," sambungnya.

Adapun kegiatan yang dihadirkan dalam Festival Cakung yang akan digelar hingga malam nanti seperti:

Halaman
12
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved