Sejarah Ambulans: Dari Mengangkut Tentara Terluka Hingga Warga Sakit, Ini Sosok Penemunya

Ambulans memegang peranan penting untuk mengantar pasien ke Unit Gawat Darurat (UGD) sebuah Rumah Sakit.

Editor: Suharno
Kompas.com/Instagram
Salah satu ambulans milik Pemperov DKI yang ditahan polisi karena ketahuan mengangkut batu dan bensin saat kerusuhan di sekitar Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/9/2019) dini hari. Di bodi ambulans tertera tulisan Puskesmas Kec. Pademangan. 

TRIBUNJAKAKARTA.COM - Ambulans memegang peranan penting untuk mengantar pasien ke Unit Gawat Darurat sebuah Rumah Sakit.

Saking pentingnya, para pengguna kendaraan harus segera memberi jalan ketika mendengar sirine mobil ambulans.

Hal ini tak lain agar pasien cepat mendapat pertolongan.

Sejak kemarin (26/9/2019), perbincangan tentang mobil ambulans meroket setelah akun Twitter @TMCPoldaMetro mengunggah informasi yang berkaitan denagn ricuh di sekitar gedung DPR.

"Polri amankan 5 kendaraan ambulan milik Pemprov DKI Jakarta yang digunakan untuk mengangkut batu dan bensin yang diduga untuk molotov di dekat Gardu Tol Pejompongan Jl. Gatot Subroto," tulis akun Twitter @TMCPoldaMetro pukul 2.14 WIB yang saat ini cuitan tersebut telah dihapus.

Anak Dibunuh Ibu Angkat dan Diperkosa 2 Kakak Tiri, Ayah Kandung Bocah 5 Tahun Ceritakan Kesedihan

Hal ini pun sempat dibenarkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono pada Kamis pagi.

Diberitakan Kompas.com, Argo menyebut bahwa mobil ambulans diamankan pada Kamis dini hari sekitar pukul 2.14 di dekat Gardu Tol Pejompongan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

"Ya benar (ada ambulans milik Pemprov DKI)," kata Argo dikonfirmasi Kompas.com.

Belum sampai 24 jam kabar tersebut mengudara, Argo mengklarifikasi bahwa batu dan bensin yang ada di dalam ambulans bukan suplai untuk para demonstran.

Argo mengklarifikasi bahwa barang bukti itu milik demonstran yang berusaha mencari perlindungan dalam mobil ambulans.

"Jadi anggapan dari Brimob, diduga mobil ini yang digunakan perusuh, tapi bukan. Perusuh masuk ke mobil untuk perlindungan," kata Argo.

Terlepas dari isu tersebut, ambulans memiliki sejarah panjang kenapa menjadi alat transportasi yang sangat penting dalam dunia medis.

Sejarah ambulans

Dilansir How Stuff Works, ambulans lahir dari kebutuhan untuk mengangkat tentara yang terluka saat berada di medan perang.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved