Eksodus Karena Kerusuhan, Warga Minang Ini Tetap Berniat Kembali ke Wamena

Meski meminta pulang, Zulkifli yang berprofesi jadi pedagang tetap berniat kembali ke Wamena bila situasi nantinya kondusif.

Eksodus Karena Kerusuhan, Warga Minang Ini Tetap Berniat Kembali ke Wamena
TribunJakarta/Bima Putra
Zulkifli (peci putih) saat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (3/10/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Zulkifli, satu warga Minang, Sumatera Barat yang meminta dipulangkan dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya karena terdampak kerusuhan.

Bersama 50 warga Minang lainnya, dia dipulangkan ke kampung halamannya menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU, Kamis (3/10/2019) sore.

"Kondisi daripada di daerah Kabupaten Jayawijaya setelah peristiwa berdarah itu sehingga kami daripada masyarakat pendatang secara keseluruhan sangat takut sekali," kata Zulkifli di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (3/10/2019).

Dia dan warga perantau lainnya mengaku khawatir karena sembilan dari 32 korban jiwa kerusuhan merupakan warga Minang.

Dari sembilan jiwa, delapan korban dimakamkan di kampung halamannya sementara satu korban dimakamkan di Wamena.

Meski meminta pulang, Zulkifli yang berprofesi jadi pedagang tetap berniat kembali ke Wamena bila situasi nantinya kondusif.

"Kalau seandainya kondisi daripada Kabupaten Jayawijaya sudah kondusif, mungkin kami kembali ke Wamena untuk melaksanakan aktivitas seperti biasa," ujarnya.

Dia optimis Wamena lekas kondusif karena saat dieksodus situasi berangsur aman dan bantuan dari berbagai pihak terus berdatangan.

Lestari Moerdijat: Satu-satunya Wanita dari 10 Pimpinan MPR RI, Begini Pujian Surya Paloh

Jenazah Juru Parkir yang Tewas Saat Demo Keluarkan Darah: Ibu Tidak Terima, Bingung Soal Ekonomi

Prada Budi Si Suku Anak Dalam Pulang Kampung, Ini Kisah Harunya

Terlebih banyak perantau yang saat kerusuhan pecah pada Senin (23/9/2019) diselamatkan warga asli Wamena baru ditolong aparat TNI-Polri.

Wakil Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM), Arteria Dahlan menuturkan warga Minang yang hendak kembali merantau ke Wamena bakal difasilitasi pemerintah.

"Apakah masih mau ingin tinggal di Wamena, apakah ingin tinggal di Jayapura, atau ingin kembali ke kampung halamannya di Sumatera Barat pilihan itu wajib kita fasilitasi," tutur Arteria.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved