Berita Video

VIDEO Mahasiswa Asal Papua Mulai Kembali ke Kampus di Tanah Jawa Via Bandara Soekarno-Hatta

Satu per satu mahasiswa asal Papua kembali dari tanah kelahirannya untuk mengemban ilmu di perguruan tinggi masing-masing di Pulau Jawa.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Satu per satu mahasiswa asal Papua kembali dari tanah kelahirannya untuk mengemban ilmu di perguruan tinggi masing-masing di Pulau Jawa.

Contohnya yang terjadi pada Rabu (2/10/2019), di mana 10 mahasiswa asal Papua mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk kembali melanjutkan kuliah.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Pemuda Mandala Trikora Organisasi Papua, Albert Ali Kabiyai, mengatakan ke-10 mahasiswa tersebut menuntut ilmu di beberapa perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa.

10 mahasiswa asal Papua yang mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk kembali ke kota perguruan tinggi masing-masing untuk melanjutkan studi, Rabu (2/10/2019).
10 mahasiswa asal Papua yang mendarat di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk kembali ke kota perguruan tinggi masing-masing untuk melanjutkan studi, Rabu (2/10/2019). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

"Inisiatif kami senior-senior untuk mengantar mereka ke sini kembali ke kota studi masing-masing untuk melanjutkan kuliah. Kita ada 10 orang, dua kakak senior dan delapan adik-adik mahasiswa," jelas Ali di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Sebanyak 10 Mahasiswa tersebut ada yang berkuliah di Bandung, Bogor, Salatiga, dan Yogyakarta.

Ali mengakui beberapa waktu lalu kondisi di tanah Papua memang sempat tidak kondusif karena eksodus kembalinya ratusan mahasiswa ke tanah kelahirannya di Papua.

Namun, ia meyakinkan sejak adanya bantuan dari aparat, keadaan di Papua terutama di Wamena sudah berangsur pulih secara signifikan.

"Mereka ke Papua sana mungkin diprovokasi, kita tahu bersama situasi di Papua kurang kondusif."

"Tapi setelah TNI Polri tiba di sana menenangkan situasi sudah mulai kondusif," ungkap Ali.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved