Tahun Depan, Peserta Pelatihan PPKD Jakarta Timur Dapat Jaminan Keselamatan Kerja

Peserta pusat pelatihan kerja daerah (PPKD) Jakarta Timur mulai tahun depan dipastikan mendapat jaminan keselamatan kerja dari Pemprov DKI Jakarta.

Tahun Depan, Peserta Pelatihan PPKD Jakarta Timur Dapat Jaminan Keselamatan Kerja
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kepala PPKD Jakarta Timur Ahmad Sotar Harahap di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (8/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Peserta pusat pelatihan kerja daerah (PPKD) Jakarta Timur mulai tahun depan dipastikan mendapat jaminan keselamatan kerja dari Pemprov DKI Jakarta.

Kepala PPKD Jakarta Timur Ahmad Sotar Harahap mengatakan jaminan tersebut diberikan guna memastikan keselamatan peserta selama masa pelatihan.

"Karena meskipun pelatihan tapi risiko kecelakaan kerja tetap ada. Seperti menjahit, kan tangannya bisa terluka. Lalu otomotif, las, kalau enggak hati-hati bahaya," kata Sotar di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (8/10/2019).

Lakukan Pembersihan, Pawang Tangkap 15 Ular di Taman Giri Loka BSD Serpong Tangerang Selatan

Sebelum Pemprov DKI setuju menganggarkan dana jaminan keselamatan kerja bagi peserta pelatihan PPKD Jakarta Timur.

Jajaran PPKD Jakarta Timur harus patungan guna membayar iuran jaminan perlindungan tenaga kerja bagi seluruh peserta pelatihan.

"Tahun depan sudah mulai ada anggarannya, dianggarkan lewat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta. Untuk mengantisipasi hal tak diinginkan," ujarnya.

Pun tahun depan sudah mendapat jaminan keselamatan kerja, Sotar memastikan pelatihan 11 kejuruan yang disediakan sepenuhnya gratis.

Dia berharap jaminan keselamatan kerja bisa memacu semangat peserta selama 45 hari mengikuti pelatihan kejuruan yang dipilih sendiri.

"Sebenarnya risiko kecelakaan kerja kan justru lebih besar buat yang baru belajar. Karena banyak peserta yang benar-benar enggak bisa, jadi kita ajari dari nol," tuturnya.

Usai Laporan Arus Lalu Lintas, Jurnalis Radio Dijambret di Bekasi Utara

Tak hanya mendapat modul, peserta pelatihan PPKD Jakarta Timur setelah juga mendapat dua sertifikat sebagai bukti mereka menyelesaikan pelatihan.

Yakni sertifikat dari PPKD Jakarta Timur dan lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang sudah mengantongi lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi (BNSP). (*)

Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved