Tips & Trik

Dapat Picu Kebakaran, Simak Tips Aman Gunakan Stop Kontak

Kebakaran akibat korsleting tak hanya dipicu kesalahan pasang instalasi dan pencurian listrik, tapi juga penggunaan stop kontak.

Dapat Picu Kebakaran, Simak Tips Aman Gunakan Stop Kontak
Istimewa
Ilustrasi korsleting 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Kebakaran akibat korsleting tak hanya dipicu kesalahan pasang instalasi dan pencurian listrik, tapi juga penggunaan stop kontak.

Kasi Pencegahan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan penggunaan stop kontak keliru dapat memicu kebakaran.

"Stop kontak ini sering digunakan warga di kamar, ruang tamu, dapur, dan lainnya."

"Kalau penggunaannya enggak benar bahaya dan bisa jadi pemicu kebakaran," kata Edi di Matraman, Jakarta Timur, Rabu (16/10/2019).

Kesalahan pertama yang paling banyak, yakni tak memperhatikan spesifikasi stop kontak dan beban daya perangkat elektronik.

Bila spesifikasi dan beban perangkat elektronik yang disambungkan ke stop kontak tak sesuai, hawa panas yang timbul dapat memicu api.

"Kalau penggunaan untuk ngecas handphone mungkin masih enggak masalah."

"Tapi kalau untuk kipas angin besar, kulkas, itu dicolok kan bebannya besar. Kabel bisa terbakar karena terbebani," ujarnya.

Di setiap produk stop kontak berlabel standar nasional Indonesia (SNI), Edi menuturkan sudah tercatat kemampuan beban daya yang bisa ditanggung.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved