Kementerian Perdagangan Beri Penghargaan ke-10 UKM Asli Indonesia

Enggar mengatakan, pemberian anugerah tersebut sudah dinilai dari sisi kualitas, keamanan bahan baku, dan banyak faktor lainnya.

Kementerian Perdagangan Beri Penghargaan ke-10 UKM Asli Indonesia
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita saat memberikan penghargaan kepada 10 UKM terbaik di ICE BSD, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (17/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, PAGEDANGAN - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia memberikan anugerah kepada 10 produk pangan terbaik asli Indonesia dalam ajang UKM Pangan Awards 2019, Kamis (17/10/2019).

Mulai dari kecap asin, sate asal Kebumen, kopi asal Jakarta Utara, bubuk teh hijau dan 10 produk lainnya mendapatkan anugerah penghargaan langsung dari Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Enggar mengatakan, pemberian anugerah tersebut sudah dinilai dari sisi kualitas, keamanan bahan baku, dan banyak faktor lainnya.

Menurutnya, satu diantara beberapa alasan diberikannya anugerah tersebut untuk memecut pelaku usaha lainnya agar bisa berkompetisi untuk dapat didistribusikan ke mancanegara.

"Kementerian perdagangan ini juga mendorong UKM dan produk pertanian dapat mendunia. Kita akan dorong sampai eksport, akses pasar kami buka dari perjanjian atau hal lain yang upayakan agar produk-produk pertanian kita bisa diterima di belahan dunia," ujar Enggar di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

Sementara, penanggung jawab acara, Suharto mengatakan, Kementerian Perdagangan membagi anugerah itu dalam dua kategori.

"Ada kategori umum dan khusus. Untuk kategori umum meliputi produk pangan olahan siap saji. Lalu ada minuman kemasan dan cemilan," tutur Suharto.

Menurutnya, peanugerahan ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi dari pemerintah kepada pelaku UKM pangan, yang telah berkreasi untuk menciptakan produk asli karya anak bangsa.

"Saat bulan Juli sampai Agustus 2019, terkumpul sekitar 500 peserta, kemudian disaring menjadi 139. Hingga akhirnya terpilihlah 10 pemenangnya," ungkap Suharto.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved