Breaking News:

Mahasiswa Somasi Pemkot Tangerang Selatan Terkait Jatuhnya Korban Akibat Marak Kecelakaan Truk

Permahi Tangerang dan Dema UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, melayangkan somasi terhadap Pemkot Tangsel terkait kecelakaan truk.

Dokumentasi Permahi Tangerang
Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) Tangerang dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, saat melayangkan somasi dan diterima oleh Asda 1, Rahmat Salam di kantor Pemkot Tangsel, Ciputat, Jumat (18/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (Permahi) Tangerang dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, melayangkan somasi terhadap Pemkot Tangsel terkait maraknya kecelakaan truk besar mengakibatkan jatuh korban.

Terbaru, pada Senin (14/10/2019), mahasiswi baru UIN Jakarta tewas seketika, terlindas truk pengangkut tanah di Jalan Graha Raya Bintaro, Pondok Aren.

Selain itu, tidak sedikit kecelakaan truk lainnya yang mengakibatkan korban jiwa maupun luka.

Bagi Permahi dan Dema UIN Jakarta, Pemkot Tangsel juga bertanggungjawab atas kecelakaan tersebut.

Seperti diketahui, sejak tahun 2012, Tangsel sudah memiliki Perwal nomor 3 tahun 2012 yang mengatur jam operasional truk bertonase besar, yaitu dari pukul 22.00 WIB sampai 05.00 WIB.

Namun sejak tujuh tahun lalu, pemberlakuan jam operasional tersebut hanya untuk Jalan Pahlawan Seribu.

Sedangkan kecelakaan terjadi di banyak titik jalan di Tangsel.

Yang menjadi fokus Permahi dan Dema UIN Jakarta adalah, tidak adanya evaluasi atas penerapan Perwal itu.

"Bahwa selain dalam pasal 162 ayat (1) huruf (e), UU nomor 22 tahun 2009 Diatur pula dalam pasal 197 ayat (1) huruf (c) yang menyatakan pemerintah dan pemerintah daerah sebagai penyelenggara angkutan wajib; melakukan pemantauan dan pengevaluasian terhadap angkutan orang dan barang," jelas Athari Farhani, Ketua Permahi Tangerang, dalam keterangan resminya, Jumat (18/10/2019).

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved