Bekasi Bakal Terapkan Pengelolaan Sampah Berbasis Aplikasi Android

Pemerintah Kota Bekasi belum lama ini melakukan sejumlah kunjungan kerja baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Bekasi Bakal Terapkan Pengelolaan Sampah Berbasis Aplikasi Android
Istimewa/KP2C
Tumpukan sampah bambu di Bendungan Koja Kali Cikeas, Jatiasih, Kota Bekasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachriar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota Bekasi belum lama ini melakukan sejumlah kunjungan kerja baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk memperlajari pengelolaan sampah dengan menerapkan teknologi.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi Kiswatiningsih, mengatakan, hasil kunjungan kerja sampai saat ini telah disusun dalam sebuah rancangan yang nantinya akan diserahkan ke Wali Kota Bekasi.

"Roadmap sudah kami siapkan ke pak wali tahapannya, mana yang bisa ditiru, mana yang perlu pengembangan," kata Kiswatiningsih, Minggu, (27/10/2019).

Salah satu yang bakal dikembangkan adalah pengelolaan sampah berbasis aplikasi android. Konsep ini memungkinkan pemilahan sampah dilakukan di hulu atau sumber sampah yakni, rumah-rumah warga.

"Jadi dari hulu sampah rumah tangga yang bernilai ekonomis dapat langsung dipilah, masyarakat bisa menggunakan aplikasi sebagai acuan, intinya mengedukasi masyarakat, caranya pakai aplikasi," ungkapnya.

Melalui aplikasi ini, nantinya masyarakat bisa melakukan penukaran sampah bernilai ekonomis yang sudah dipilah ditukarkan dengan uang. Konsep ini serupa dengan konsep bang sampah yang sudah berjalan.

Hanya saja, pada tahapan pengembangan pengelolaan sampah ini, ada aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana kapan masyarakat ingin menukar sampahnya dan proses pembayaran dilakukan semua melalui aplikasi.

"Sampah nanti dia bisa secara online disampaikan ada aplikasinya, nanti ada petugas yang ambil ke dia (masyarakat), nanti langsung top up rekeningnya yang ngirim aplikasi tadi," jelas dia.

Halaman
1234
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved