Breaking News:

ART Tewas Diterkam Anjing

Polsek Cipayung Terima Surat Kemenkumham, Kasus ART Tewas Diterkam Sparta Ada Unsur Pidana

Kasus tewasnya Yayan (35) akibat digigit anjing bernama Sparta milik majikannya Bima Aryo pada Jumat (30/8/2019) membuat TD (72) berstatus terlapor.

Penulis: Bima Putra | Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Kasus tewasnya Yayan (35) akibat digigit anjing bernama Sparta milik majikannya Bima Aryo pada Jumat (30/8/2019) yang membuat TD (72) berstatus terlapor dipastikan berlanjut.

Kanit Reskrim Polsek Cipayung Iptu Esti Budi Setyanta mengatakan pihaknya menerima surat dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang menyatakan adanya unsur tindak pidana.

Surat itu sebagai ganti saksi ahli pidana yang diminta penyidik guna menentukan TD melakukan tindak pidana atau tidak karena menyuruh Yayan membuka kandang Sparta.

"Iya (ada unsur tindak pidana). Dari Kemenkumham menyatakan seperti itu. Pasal yang diterapkan pasal 490 ayat 3 KUHP. Tapi status ibunya masih terlapor," kata Budi di Mapolsek Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (29/10/2019).

Isi pasal 490 ayat 3: Barang siapa tidak menjaga secukupnya binatang buas yang ada di bawah penjagaannya, supaya tidak menimbulkan kerugian.

Budi menuturkan ancaman hukuman bila TD ditetapkan jadi tersangka yakni kurungan paling lama enam hari atau pidana denda paling banyak Rp 300.

"Dari Kemenkumham menyatakan peristiwa tersebut akan berkaitan dengan beberapa peraturan perundangan. Antara lain KUHP, isi surat seperti Kemenkumham seperti itu," ujarnya.

Dalam surat yang diterima penyidik Unit Reskrim Polsek Cipayung terdapat empat poin yang mewakili pendapat saksi ahli pidana dari Kemenkumham.

Poin pertama tentang ancaman hukuman bagi pemilik yang tak merawat hewannya sehingga terjangkit rabies dan poin kedua terkait penerapan pasal.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved