Usai Diguyur Hujan, Sumur Warga Bambu Apus Cipayung Jaktim yang Kekeringan Berangsur Normal

Hujan deras yang mengguyur Jakarta Jumat (1/11/2019) sore hingga malam jadi berkah bagai warga Kelurahan Bambu Apus,Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

Penulis: Bima Putra | Editor: Suharno
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi Hujan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Hujan deras yang mengguyur, Jumat (1/11/2019) sore hingga malam jadi berkah bagai warga Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

Ketua RT 02/RW 03 Adi Ismanto mengatakan sumur warganya yang nyaris tiga bulan kekeringan dan airnya keruh berangsur normal usai diguyur hujan.

"Alhamdulillah tadi pagi saya cek sumur warga mulai ada airnya lagi, sudah ngucur lagi," ujar Ismanto di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (2/11/2019).

"Termasuk sumur saya sekarang mulai ada airnya," sambungnya.

Kepala BKD DKI Sebut Kepala Disparbud Mundur Bukan Karena Buzzer Rp 5 M Tapi Ingin Jadi Staf di TMII

Meski belum sepenuhnya normal, guyuran hujan deras diharap warga menandakan lekas berakhirnya musim kemarau.

Pasalnya krisis air bersih tak hanya menganggu aktivitas warga, tapi juga merugikan pelaku usaha ternak ikan di Kelurahan Bambu Apus.

"Untuk bantuan air bersih kita tetap butuh, karena sekarang ini airnya masih kecil," ujarnya.

"Jadi hari ini kita minta bantuan air bersih lagi," lanjutnya.

Bagi sekitar 30 kepala keluarga (KK) warga RT 02, Adi menuturkan ini pengalaman pertama mereka mengalami krisis air bersih.

Jumlah tersebut hanya segelintir karena hingga Kamis (31/10/2019) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat 7.130 KK krisis air bersih.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Iwan Ibrahim mengatakan total jiwa yang terdampak sebanyak 28.130 dari empat kota di DKI.

"Warga yang kesulitan air bersih paling banyak di Jakarta Barat, lalu Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan," tutur Iwan.

Hingga Kamis (31/10/2019) pukul 18.00 WIB, Satgas Air Bersih Pemprov DKI yang melibatkan bergabung pihak sudah mendistribusikan 1.092.000 liter air ke warga. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved