Begini Cara Bedakan Buku KIR Asli dan Palsu

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, sepintas buku KIR palsu yang dibuat BS (67) beserta sang anak RA (35) mirip.

Begini Cara Bedakan Buku KIR Asli dan Palsu
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Barang bukti yang diamankan polisi dari sindikat pembuat buku KIR palsu di Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Polisi mengungkap sindikat pembuat buku uji kendaraan atau KIR palsu berkedok biro jasa di kawasan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, sepintas buku KIR palsu yang dibuat BS (67) beserta sang anak RA (35) memang mirip dengan aslinya, termasuk ada barcode.

Polisi Buru Pemasok Barang ke Ayah-Anak Pembuat Buku KIR Palsu

Hal itu membuat buku KIR yang dibuat oleh pelaku cukup sulit dibedakan secara sederhana. 

Namun bila dilihat lebih detail maka nama pejabat yang tertulis dalam buku KIR buatan BS dan RA berbeda dengan yang dikeluarkan secara resmi oleh Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB).

"Kalau kita lihat, ada barcode. Di dalam kartu pengawasan yang dikeluarkan, yang mana pejabatnya setelah kami cek, bukan pejabat yang mengeluarkan. Yang mencirikan barcode ini," kata Budhi saat merilis kasus tersebut di Mapolres Metro Jakarta Utara, Minggu (10/11/2019).

Budhi mengatakan cara paling jitu untuk memastikan bahwa buku KIR buatan BS dan RA itu palsu yakni dengan menggunakan scan.

"Kalau di scan, PT-nya berbeda dengan PT identitas yang ada di sini. Jadi memang barcode ini benar (bb) mengurus resmi. Tapi oleh tersangka, barcode di ambil, kalau di scan keluar nama identitas lain," kata Budhi.

Kepala UP PKB Cilincing, Bernad Oktavianus Pasaribu mengatakan, saat ini sebenarnya cukup mudah untuk melihat keabsahan buku KIR yang dimiliki.

Sebab, pengurusan KIR saat ini juga sudah bisa dilakukan secara online.

Halaman
12
Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved