Terjawab Muasal Surat Pencekalan Rizieq Shihab, Menkopolhukam Mahfud MD Beberkan Ini

Benarkah Pemerintah Indonesia yang meminta pencekalan Rizieq Shihab untuk pulang ke Tanah Air terjawab.

Terjawab Muasal Surat Pencekalan Rizieq Shihab, Menkopolhukam Mahfud MD Beberkan Ini
KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNG
Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Benarkah Pemerintah Indonesia yang meminta pencekalan Rizieq Shihab untuk pulang ke Tanah Air terjawab.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, pun menjelaskan sekaligus meluruskan duduk perkara soal klaim surat pencekalan oleh Rizieq Shihab.

Menurut Mahfud MD, surat yang ia terima dari pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro, bukanlah surat pencekalan dari Pemerintah Indonesia.

Surat yang sempat Rizieq Shihab tunjukkan melalui video dari channel YouTube bukan dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia, melainkan dari pihak Imigrasi Pemerintah Arab Saudi.

"Itu yang dikirim ke saya itu bukan surat pencekalan (dari Pemerintah RI). Bukan alasan pencekalan," ungkap Mahfud MD di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

"Tapi surat dari imigrasi Arab Saudi bahwa Habib Rizieq nomor paspor sekian dilarang keluar Arab Saudi karena alasan keamanan," imbuh Mahfud MD.

Dengan begitu, terang Menkopolhukam Mahfud MD, pencekalan Rizieq Shihab tak berkaitan dengan Pemerintah Indonesia.

"Itu berarti kan urusan dia dengan Arab Saudi, bukan urusan dia dengan kita (Indonesia). Kalau ada yang dari kita, tunjukkan ke saya," tegas dia.

Mahfud pun heran kenapa Rizieq Shihab mengklaim Pemerintah Indonesia yang mencekalnya.

Ia menegaskan, dalam surat dari Imigrasi Arab Saudi itu tak ada penjelasan bahwa Rizieq Shihab dilarang keluar atas permintaan Pemerintah Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved