Institut Stiami Program Vokasi Gelar Seminar yang Bertujuan Menciptakan SDM yang Unggul

Pendidikan Vokasi merupakan salah satu komponen penting dalam menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul dan Berdaya Saing

Institut Stiami Program Vokasi Gelar Seminar yang Bertujuan Menciptakan SDM yang Unggul
Istimewa/Dok Institut Stiami Program Vokasi
Seminar Kebangsaan yang bertemakan “Penguatan Vokasi yang Unggul, Berdaya Saing dan Berwawasan Kebangsaan” digelar oleh Institut Stiami Program Vokasi 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Seminar Kebangsaan yang bertemakan “Penguatan Vokasi yang Unggul, Berdaya Saing dan Berwawasan Kebangsaan” digelar oleh Institut Stiami Program Vokasi bekerjasama dengan Sekretaris Jenderal MPR RI, PGRI Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Yayasan Hang Tuah di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Agenda ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun PGRI yang diperingati tanggal 25 November 2019. Seminar ini merupakan tahun kedua Institut Stiami digelar untuk PGRI Jakarta Utara.

Pendidikan Vokasi merupakan salah satu komponen penting dalam menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul dan Berdaya Saing, sehingga harus diperkuat dengan meningkatkan kualitas pendidikan.

Dalam seminar ini dijelaskan, memperkuat Vokasi tidak hanya dengan pelatihan saja tetapi juga dengan memberikan wawasan kebangsaan agar tertanam nilai-nilai Pancasila pada peserta didik Vokasi.

Sambutan di seminar ini diantara nya diberikan oleh Sigit Wijatmoko selaku Walikota Jakarta Utara, Supriyatin selaku Ketua PGRI Jakarta Utara, Agus Cholik selaku Wakil Rektor III Institut Stiami, Laksmana Muda TNI (Purn) Amri Husaini selaku Ketua Umum Yayasan Hang Tuah.

Alasan Ustaz Abdul Somad Tolak Minum Air yang Dihidangan KPK, Singgung Integritas

Adapun Keynote Speaker seminar ini yaitu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan para pembicara diantaranya yaitu Bakrun dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Safatul Arief dari Direktorat Jenderal Pajak RI) pada sesi I dengan materi “Arah dan Kebijakan Pengembangan Pendidikan Program Vokasi di Indonesia”.

Pada sesi II dengan materi “Implementasi Program Vokasi yang Berwawasan Kebangsaan” diantaranya dengan pemateri Addul Rachen selaku Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Laksamana Muda (Purn) Murgiyanto selaku PPAL TNI AL, dan Dedy Kusna Utama selaku Dir. Vokasi Institut Stiami.

“Seminar seperti ini sangat dibutuhkan sekali untuk menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila, kebersamaan dan cinta tanah air. Apalagi guru merupakan agen perubahan yang menjadi jembatan informasi pendidikan dan edukasi kepadasiswa siswi, harus tetap memegang prinsip kebangsaan dalammengajarkan mereka di sekolah, agar mereka tidak hanya pintarmengikuti teknologi dan lifestyle saja, tetapi juga tertanam pula nilai Pancasila di dalam diri para siswa,” ujar Addul Rachendalam sesi materinya.

Seminar ini dihadiri oleh 450 Guru-Guru TK-SMK Jakarta Utara dan 50 Mahasiswa Vokasi Institut Stiami.

Guru merupakan agen perubahan yang menjadi jembatan informasi pendidikan kepada siswa-siswi.

Diharapkan setelah seminar ini, guru-guru dapat mengimplementasikan wawasan kebangsaan pada para siswa dan agenda tahunan ini bisa selalu dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved