Breaking News:

Beda Jerawat Purging VS Breakout Karena Skincare, Jangan Langsung Panik

Ketika kita salah membedakan purging dan breakout, kita bisa merusak kulit wajah kita sendiri.

VIA THINKSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Saat kita pakai skincare baru, kita bakalan merasakan 1 dari 2 hal, yaitu wajah jadi jerawat purging ataupun wajah jadi jerawat breakout!

Walaupun sama-sama berjerawat, arti keduanya berbeda drastis, lho. Ketika kita salah membedakan purging dan breakout, kita bisa merusak kulit wajah kita sendiri.

Untuk itu, yuk cari tahu perbedaan jerawat purging dan breakout!

 Purging

Purging adalah kondisi ketika wajah kita berjerawat akibat produk skincare yang mempercepat pergantian sel kulit, sehingga pori-pori yang tersumbat jadi muncul ke permukaan kulit menjadi jerawat!

Dengan kata lain, purging terjadi ketika kotoran dan sel kulit mati di kulit kita muncul ke permukaan dan jadi jerawat.

Nantinya, saat sel kulit yang baru dan pori-pori sudah bersih, purging akan berhenti dan kulit bakalan jadi lebih bersih dari sebelumnya!

Ada bahan-bahan tertentu yang biasanya membuat kulit kita jadi purging, yaitu bahan-bahan aktif seperti AHA (glycolic acid, lactic acid, dll), BHA (salicylic acid), atau retinoid/retinol.

Terkadang, bisa juga terjadi purging ketika kita baru pertama kali menggunakan cleansing oil/balm, lho!

jerawat
 

Namun, purging enggak bakalan terjadi kalau kita baru mencoba pelembap, scrub wajah, alat pembersih wajah, ataupun masker, ya! Artinya, kalau muncul jerawat ketika kita sedang mencoba pelembap, scrub wajah, alat pembersih wajah, atau masker wajah baru, tandanya kita breakout!

Yang harus kita perhatikan, purging biasanya cuma terjadi pada area wajah yang sering berjerawat, hanya terjadi dalam waktu yang singkat (maksimal 1-2 bulan), dan hanya terjadi di awal pemakaian (bukan keluar terus selama masa purging). 

Breakout

Jerawat
 

Breakout adalah kondisi ketika kulit kita memberitahu kalau kita enggak cocok dengan produk skincare tertentu. Alhasil, kulit kita bakalan jadi jerawat meradang yang disertai rasa gatal, kemerahan, dan sakit berkelanjutan.

Beda dengan purging, breakout bakalan memunculkan jerawat di seluruh wajah, terus-menerus selama 1 bulan lebih, disertai rasa gatal dan kemerahan yang parah.

Bisa juga breakout terjadi ketika kita memakai skincare yang sama selama beberapa bulan/tahun, yang menandakan bahwa kita sudah enggak cocok lagi memakai skincare tersebut. (Cewekbanget)

Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved