Natal dan Tahun Baru 2020

Uskup Agung Jakarta Apresiasi Gubernur Anies Bawesdan Untuk Semarakkan Acara Natal 2019

Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) +Ignatius Kardinal Suharyo apresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan di ibadah Natal.

Penulis: Suharno | Editor: Suharno
Keuskupan Agung Jakarta
Forum Kerukunan Umat Beragama saat hadiri di peribadatan Natal di Gereja Katedral Jakarta. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) sekaligus Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, +Ignatius Kardinal Suharyo bersyukur terkait pelaksanaan ibadah Natal tahun 2019.

Sekjen KAJ, Rm V Adi Prasojo mengatakan Uskup Agung Jakarta bersyukur atas Penyelenggaraan Ilahi karena peribadatan pada hari raya Natal di semua gereja-gereja berjalan dengan baik dan lancar.

Adi menyebut Kardinal Ignatius Suharyo juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian, aparat keamanan dan TNI.

Selain itu juga seluruh komunitas atau pribadi yang ikut terlibat di dalam pengamanan perayaan Natal di Katedral, Jakarta maupun di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan Ilahi, sambung Adi, juga dirasakan Kardinal Ignatius Suharyo dengan hadirnya Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan ke Gereja Katedral Jakarta.

Anies Bawesdan didampingi rombongan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), Wakapolda, Kasdam dan jajarannya, FKUB termasuk para pemuka agama, serta pelbagai komunitas lintas agama.

Hadir juga sepanjang Misa Pontifical, para sahabat dari bidang Studi Agama-Agama, UIN.

"Dimaknai sebagai Penyelenggaraan Ilahi karena kedatangan pimpinan daerah beserta jajaran sungguh meneguhkan," kata Adi dalam rilis yang diterima TribunJakarta.com.

"Kedatangan mereka juga pas pada waktunya dan memberi “sambutan” pun sesuai dengan tata cara peribadatan Katolik sehingga tidak ada jemaat yang merasa terganggu," sambungnya.

Dalam Misa malam Natal, Anies Bawesdan datang dan memberi  “sambutan” bertepatan dengan waktu khotbah.

Adi menjelaskan khotbah adalah saat Imam berbicara memberikan pesan bacaan-bacaan dalam peribadatan yang berkaitan dengan tema Natal.

Pada saat itulah, Imam yang berkhotbah mempersilakan Anies Bawesdan berbicara dan memberikan semacam “kata sambutan”.

Hal ini tentu tidak mengganggu jalannya peribadatan karena berjalan sesuai pengaturan dari pihak gereja Katedral.

Menurut Adi, Uskup Agung juga menyambut baik penyelenggaraan Christmas Carol di Jakarta dan pohon Natal yang besar di taman Thamrin 10.

Kebersamaan, persatuan, dan kesetaraan yang dibangun oleh Pemprov DKI bagi warganya, sungguh meneguhkan dan sesuai dengan tema Natal 2019 ini: _”Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” (Yoh 15: 15-16)._

"Terimakasih kepada para pejabat negara dan kepala daerah, para tokoh nasional, serta seluruh komponen bangsa yang dengan berbagai cara, meneguhkan umat Katolik," ujar Adi.

Harapannya, kita semua damai sejahtera dan bahagia, seperti yang dikatakan Bapak Yudi Latif dalam sambutannya pada Misa Potifikal sebelum berkat penutup,

”Kalau umat Katolik bahagia di hari Natal, kita semua, apapun agamanya, ikut bahagia di dalamnya," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved