Awal Tahun 2020 Jakarta Dikepung Banjir

Sampah Imbas Banjir di Kampung Pulo Melonjak 5 Kali Lipat Dibanding 2 Tahun Sebelumnya

Ketua RT 13/RW 03 Kelurahan Kampung Melayu, Endin mengatakan pembersihan sampah imbas banjir kali ini lebih banyak

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tumpukan sampah di permukiman warga Kampung Pulo yang belum dibuang di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (7/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Warga Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu masih sibuk membersihkan timbunan lumpur dan sampah imbas banjir luapan Kali Ciliwung.

Banyaknya timbunan sampah membuat warga tak berpangku tangan mengandalkan bantuan petugas gabungan membersihkan permukiman mereka.

Ketua RT 13/RW 03 Kelurahan Kampung Melayu, Endin mengatakan pembersihan sampah imbas banjir kali ini lebih banyak dibanding banjir dua tahun sebelumnya.

"Banjir sih pernah lebih tinggi, tapi kalau soal sampah ini parah. Dibanding banjir tahun lalu sampahnya 5 kali lipat lebih banyak," kata Endin di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (7/1/2020).

Jumlah sampah disebut Endin tak lepas dari banyaknya perabot dan harta benda warga yang hanyut dan rusak terseret arus banjir.

Upaya warga mengevakuasi harta benda ke lantai dua rumah kandas saat tinggi air pada Rabu (1/1/2020) nyaris mencapai 4 meter.

"Sampah sekarang ini lebih banyak perabot, karena warga enggak mengira banjir sampai 4 meter. Perabot yang kerendam akhirnya jadi sampah," ujarnya.

Satu warga RT 13/RW 03, Mahfudin (40) menuturkan jumlah sampah imbas banjir juga melonjak karena pengaruh sampah kiriman.

Pasalnya sampah dari permukiman warga yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung terseret hingga terhenti di permukiman Kampung Pulo.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved