Jam Kerja Berlebihan Ternyata Beresiko Terjangkit Banyak Penyakit Hingga Gangguan Mental

Salah satu penyakit yang bisa menyerang tubuh ketika dalam kondisi lelah yang berlebihan hingga stress, adalah Chronic Fatigue Syndrome

Jam Kerja Berlebihan Ternyata Beresiko Terjangkit Banyak Penyakit Hingga Gangguan Mental
TribunJakarta.com/Pebby Ade Liana
Praktisi kesehatan dari Rumah Sakit St.Carolus dr. Laurentius Aswin Pramono 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SUDIRMAN - Jam kerja yang berlebihan atau overwork sangat tidak baik bagi kesehatan.

Menurut praktisi kesehatan dari Rumah Sakit St.Carolus dr. Laurentius Aswin Pramono jam kerja yang berlebihan bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan fisik maupun mental.

"Jam kerja berlebihan atau overwork memang bisa bikin berbagai gangguan, baik fisik maupun psikis. Fisik kurang istirahat, membuat imunitas turun, jadi penyakit gampang masuk," kata dr. Aswin di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

Fisik yang terlalu lelah, membuat sistem imunitas dalam tubuh menurun. Sehingga, dalam kondisi tersebut berbagai jenis penyakit bisa mudah menyerang tubuh. Seperti flu, demam, batuk, pneumonia, bahkan hingga TBC.

Selain itu, pekerjaan yang berlebihan juga bisa membuat kondisi psikis menjadi jenuh.

Dalam fase ini, ia menyarankan agar orang dengan pekerjaan yang berlebihan segera memilih untuk beristirahat atau melaksanakan liburan.

"Kenapa? Karena burn out, secara stres mentally itu gak boleh. Itu jenuh banget dan bisa memunculkan gangguan stres seperti cemas, depresi, psikosomatis. Sindrom lelah kronis, chronic fatigue syndrome. Udah istirahat tapi gak pulih-pulih tenaganya. Itu adalah masalah psikologis," beber dia.

SDN 01 Lebaksitu Banten Terendam Lumpur, Siswa Diliburkan dan Bantu Angkut Bantuan Logistik

ACT akan Bantu Relokasi Rumah Warga Terdampak Bencana di Desa Lebaksitu Banten

Salah satu penyakit yang bisa menyerang tubuh ketika dalam kondisi lelah yang berlebihan hingga stress, adalah Chronic Fatigue Syndrome, atau sindrom kelelahan kronis.

Dimana, penyakit ini ditandai dengan kelelahan yang amat sangat, kelainan tidur, nyeri, dan gejala lain yang memburuk ketika melakukan aktivitas yang memeras tenaga.

Ia pun menyarankan agar waktu bekerja yang baik untuk dilakukan adalah dalam kurun waktu sekitar 8 jam per harinya.

"Yang wajar aja, 8 jam sehari. Kalaupun harus lembur memang ada, boleh. Tapi catatan tidak setiap hari. Artinya tidak setiap hari dalam sebulan. Kalau memang bisa dikerjakan di rumah dengan santai, kerjain seperti itu aja," kata dia.

"Yang di maksud dengan overwork itu di luar dari jam kerja, dan sering dilakukan setiap waktu. Itu overwork banget. Kerjaan memerlukan tenaga fisik, mental juga iya. Tapi harus bisa beristirahat," bebernya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved