Mengapa Medical Check Up Penting Dilakukan Rutin? Ini Jawaban Dokter

Medical Check Up dilakukan untuk memastikan ada atau tidaknya berbagai gangguan yang terjadi pada organ dalam tubuh sedini mungkin.

Mengapa Medical Check Up Penting Dilakukan Rutin? Ini Jawaban Dokter
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Praktisi kesehatan dari Rumah Sakit St.Carolus dr. Laurentius Aswin Pramono di Menara Astra Sudirman, Senin (13/1/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SUDIRMAN - Medical Check Up adalah tes kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh. Tes ini, penting untuk dilakukan secara rutin untuk mendeteksi sedini mungkin datangnya berbagai penyakit yang bersarang dalam tubuh.

"Jika dia wanita, seperti misalnya USG pada payudara itu harganya Rp 500 ribu, atau Pap Smear deteksi kanker serviks Rp 400 ribu. Tapi bisa mencegah tubuh dalam kondisi (sakit) berat sekali," kata Praktisi Kesehatan dari Rumah Sakit St.Carolus dr. Laurentius Aswin Pramono, Senin (13/1/2020).

Medical Check Up dilakukan untuk memastikan ada atau tidaknya berbagai gangguan yang terjadi pada organ dalam tubuh sedini mungkin.

Tujuannya, agar penyakit-penyakit yang mengendap dapat terdeteksi hingga segera mendapat penanganan yang tepat sebelum semakin parah.

Ia pun menganjurkan agar cek ini dilakukan secara rutin setahun sekali guna memastikan kondisi kesehatan dalam tubuh kita.

"Beberapa kasus, kita tahu artis-artis kita beberapa sudah kena serviks atau (kanker) payudara. Nah itulah, kalau sedini mungkin dideteksi bisa terlihat dari Medical Check Up tadi," kata dia.

"Awalnya keluar uang Rp 500 ribu untuk Medical Check Up, tapi penyakit bisa dicegah. Kalau (penyakit) menyebar kemana-mana yang keluar puluhan juta. Kalau sudah terdeteksi, kita bisa angkat payudaranya, atau serviksnya, agar kankernya tak menyebar kemana-mana," bebernya.

Menyiasati Medical Check Up Dengan Budget Murah

Medical Check Up memang penting untuk dilakukan secara rutin setidaknya 1 tahun sekali.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved