Breaking News:

Bantu Antisipasi Banjir, Dosen dan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Buat Sumur Resapan

Detty mengatakan, saat ini sudah ada enam sumur resapan yang dibuat di wilayah Kembangan.

TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Dosen dan Mahasiswa UMB membuat sumur resapan di RPTRA Kembangan Utara, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Bantu pemerintah atasi banjir, Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Universitas Mercu Buana (UMB) buat sumur resapan di beberapa titik di wilayah Kembangan, Jakarta Barat.

Perwakilan tim dosen Fakultas Teknik Sipil UMB, Bernadette Detty menjelaskan, berbeda dengan umumnya, sumur resapan yang dibuat pihaknya berbasis ecodrain menggunakan geosintetik modular tank dengan ukuran masing-masing 1,5 m ×1,2 m x1,5 m.

"Drainage tank ini merupakan material yang dibuat dengan bahan dasar plastik atau recycled pilypropylene yang mempunyai bentuk berupa modul atau panel panel yang kemudian dirakit atau disusun menjadi tangki yang berbentuk kubus," kata Detty saat menyosialisasikan sumur resapan berbasis ecodrain di ruang RPTRA, Kembangan Utara, Jumat (31/1/2020).

Detty mengatakan, saat ini sudah ada enam sumur resapan yang dibuat di wilayah Kembangan.

Diantaranya di kantor kelurahan, RPTRA Kembangan Utara serta di  SDN 01 dan SDN 04.

Dikatakan Detty, alasan dipilihnya wilayah Kembangan lantaran wilayah ini merupakan salah satu yang cukup parah terendam banjir di Jakarta Barat.

"Diharapkan adanya sumur resapan ini dapat menurunkan permukiman air tanah pada tingkat yang ideal, mengendalikan erosi tanah, kerusakan jalan dan bangunan yang ada dan mengendalikan air hujan yang berlebihan sehingga tidak terjadi bencana banjir," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Kembangan Utara, Abdul Rosyid menganggap kegiatan ini sangat bermanfaat, utamanya untuk antisipasi banjir.

Terlebih, warga diperkenalkan dengan sumur resapan yang berwawasan lingkungan atau ecodrain.

"Kegiatan ini sebagai penyumbang pikiran dan informasi tentang inovasi baru sistem drainase yaitu pembuatan sumur resapan yang berwawasan lingkungan (Ecodrain)," kata Abdul.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved