Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

69 ABK Diamond Princess Akan Diturunkan ke Pulau Sebaru Kepulauan Seribu Hari Ini

69 Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess diturunkan di lokasi karantina Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto (kanan), saat memberikan keterangan di RSPI Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Sebanyak 69 Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan anak buah kapal (ABK) Diamond Princess akan diturunkan di lokasi karantina Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Rabu (4/3/2020) hari ini.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan, mereka akan dikarantina bersama 188 WNI ABK World Dream yang terlebih dulu menjalankan observasi di pulau itu.

"Kapal Diamond Princess ini baru hari ini akan kita turunkan dari kapal, jumlahnya 69 (ABK)," kata Achmad di RSPI Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Achmad, para ABK Diamond Princess tidak memiliki keluhan terkait gejala virus corona (Covid-19).

Namun, sesuai aturan yang berlaku, mereka harus menjalani masa karantina selama 14 hari lantaran datang dari negara dengan kasus Covid-19, yakni Jepang.

"Sejauh ini keseluruhan tidak ada keluhan yang terkait dengan related Covid-19. Tidak ada panas dan sebagainya," ucap Achmad.

Meski begitu, pemerintah memutuskan untuk mengirimkan mereka ke Pulau Sebaru demi alasan kenyamanan.

Karenanya, Achmad berharap evakuasi 69 ABK Diamond Princess bisa berjalan lancar dan selesai pada hari ini.

Terlebih ketika posisi kapal yang mengangkut para ABK itu sudah berada deket dengan Pulau Sebaru.

"Mudah-mudahan semuanya oke. Besok, paling tidak kami bisa clear semua dan itu tidak ada masalah karena kapal itu ada di lepas pantainya Pulau Sebaru. Sehingga kami lihat-lihatan dengan mereka tidak masalah," tutup dia.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved