Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Jumlah PDP Corona di RSUP Persahabatan Bertambah Jadi 17 Orang

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan mengatakan hingga siang hari ini pihaknya menangani 37 ODP dan 17 PDP.

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
DR. dr. Erlina Burhan, Msc, SP.P(K) dari Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia membeberkan banyak hoaks mengenai informasi virus corona, Kamis (6/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PULOGADUNG - Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) kasus virus Corona yang ditangani RSUP Persahabatan bertambah.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan mengatakan hingga siang hari ini pihaknya menangani 37 ODP dan 17 PDP.

"Yang 17 yang kita rawat di ruang isolasi yang bertekanan negatif. Jadi ruang isolasi dengan tekanan negatif itu kita perlukan untuk kasus-kasus infeksi," kata Erlina di RSUP Persahabatan, Sabtu (7/3/2020).

Ke 17 PDP tersebut dirawat di ruang isolasi Pinere yang dirancang khusus sesuai standar World Health Organizations (WHO).

Penetapan status PDP dan ODP pun mengacu pada rujukan WHO yang berlaku secara internasional dalam kasus Corona.

"Walaupun ada riwayat bepergian ke luar negeri, dalam 14 hari pertama, kita pilih lagi. Kita pilah lagi nih luar negerinya mana? Apakah termasuk negara yang terjangkit," ujarnya.

Erlina menuturkan penetapan status PDP dan ODP dilakukan setelah tim dokter melihat dari hasil rontgen paru pasien.

Terungkap Pengakuan Gadis Remaja Pembunuh Teman Kecilnya, Polisi Sempat Tak Percaya Mendengarnya

Hingga Februari 2020, Total Terdapat 124 Warga Bekasi Dirawat Akibat DBD

Ibu Baim Wong Meninggal Dunia, Jenazah Diberangkatkan dari Gondangdia ke Purwakarta

Bila dari hasil rontgen tidak ditemukan infeksi maka pasien ditetapkan ODP dan diperbolehkan pulang, beda dengan PDP yang harus dirawat.

"Dengan foto toraks atau rontgen dada, bila terdapat peradangan di paru, baik itu ringan atau berat ini masuk kriteria orang pasien dalam pengawasan dan ini kita rawat," tuturnya.

Sebagai informasi, saat jumpa pers pada Kamis (5/8/2020) RSUP Persahabatan menyatakan menangani 31 ODP dan 10 PDP kasus Corona.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved