Breaking News:

Ada Jalur dan Konter Khusus, Kantor Imigrasi Tangerang Ramah Difabel

Fasilitas tersebut diantaranya jalur khusus kursi roda, konter khusus difabel, buku braile, dan lainnya untuk pembuatan paspor keimigrasian.

TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Fasilitas ramah difabel yang sudah disediakan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI mulai dari konter khusus, jalur khusus, buku braile, hingga petugas yang akan memandu membuatkan paspor kepada kaum difabel, Kamis (12/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang menyediakan fasilitas umum khusus kaum difabel untuk mempermudah pelayanannya.

Fasilitas tersebut diantaranya jalur khusus kursi roda, konter khusus difabel, buku braile, dan lainnya untuk pembuatan paspor keimigrasian.

Fasilitas itu diperuntukan bukan hanya untuk kaum difabel Warga Negara Indonesia (WNI) melainkan juga diperuntukan untuk Warga Negara Asing (WNA) yang difabel.

Fasilitas ramah difabel yang sudah disediakan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI mulai dari konter khusus, jalur khusus, buku braile, hingga petugas yang akan memandu membuatkan paspor kepada kaum difabel, Kamis (12/3/2020).
Fasilitas ramah difabel yang sudah disediakan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI mulai dari konter khusus, jalur khusus, buku braile, hingga petugas yang akan memandu membuatkan paspor kepada kaum difabel, Kamis (12/3/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Mulai dari masuk kantor, disediakan untuk jalur kursi roda, kemudian ada petugas yang disebut Duta Pelayanan yang akan membantu.

Sementara, untuk difabel tuna netra disediakan buku braile yang memuat persyaratan pembuatan paspor.

Lalu untuk tuna rungu, disediakan video tutorial pembuatan paspor termasuk pendampingan selama wawancara, foto sampai senua selesai diurus.

"Kalau WNA langsung diarahkan dari pintu depan ke kiri, kalau WNA ke kanan. Untuk WNI disediakan 2 konter layanan khusus difabel, untuk WNA tersedia 1 konter," jelas Felusia Sengky, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Non TPI Tangerang, Kamis (12/3/2020).

Bukan hanya untuk kaum difabel, kantor imigrasi tersebut juga menyediakan kursi roda dan tongkat untuk bantu berjalan.

Sebab, menurut Sengky, disabilitas bisa diderita orang secara mendadak dan sementara seperti karena kecelakaan.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved