Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Cegah Penyebaran Virus Corona, PT KCI Semprot 27 Unit KRL Pakai Cairan Disinfektan

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti mengatakan bahwa pembersihan KRL tersebut memang rutin dilakukan oleh pihaknya.

TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Petugas membersihkan seluruh rangkaian kereta rel listrik menggunakan cairan disinfektan di Dipo KRL Depok, Jumat (13/3/2020) tengah malam 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Antisipasi penyebaran virus corona, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyemprot 27 unit kereta rel listrik (KRL) menggunakan cairan disinfektan.

Penyemprotan dilakukan sejak Jumat (13/3/2020) malam hingga dini hari.

"Terkait Pekerjaan di Depok malam ini 27 set KRL yang dibersihkan.Kami pastikan untuk hand grip,  tiang, jendela kaca pasti terhindar dari virus. Penyiraman disinfektan ini dilakukan di seluruh dipo," kata Manager Pelayanan PT KCI Didit di Dipo KRL Depok, Cipayung, Jumat (13/3/2020) tengah malam.

Sementara itu, Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti mengatakan bahwa pembersihan tersebut memang rutin dilakukan oleh pihaknya.

Namun, seiring berkembangnya virus corona pihaknya pun mengantisipasi dengan meningkatkan lagi kebersihan dari segi interior dan exterior kereta.

"Rutin membersihkan seluruh rangkaian kereta seusai beroperasi dengan menggunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan," ujar Wiwik di lokasi yang sama.

Lanjut Wiwik, petugas kebersihan pun disiagakan ketika kereta sedang beroperasi mengangkut penumpang.

"Menugaskan On Trip Cleaning yang membersihkan rangkaian kereta saat sedang beroperasi melayani pengguna," tambahnya.

Terakhir, Wiwik berujar bahwa beragam upaya pun telah dilakukan pihaknya demi mencegah penyebaran virus corona seperti penyediaan cairan pembersih tangan, pembagian masker, mengoperasikan kereta kesehatan atau rail clinic yang terus beroperasi menyambangi stasiun demi stasiun, hingga pos kesehatan.

"Pos kesehatan di 30 stasiun KRL yang dapat memberikan pertolongan pertama jika pengguna mengalami masalah kesehatan. Di pos ini, pengguna juga dapat mengukur suhu tubuh, mendapatkan masker, hingga obat-obatan," pungkasnya.(*)

Penulis: Dwi Putra Kesuma
Editor: Widie Henaldi
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved