Virus Corona di Indonesia

Wabah Virus Corona, Pemerintah Berencana Memberi Dana Insentif ke Karyawan Sektor Formal

Tidak hanya bantu kredit UMKM dan driver online, pemerintah juga berencana membantu karyawan sektor formal.

Wabah Virus Corona, Pemerintah Berencana Memberi Dana Insentif ke Karyawan Sektor Formal
Istimewa/Dok BNPB
Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono, dalam keterangannya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (26/3/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Tidak hanya bantu kredit UMKM dan driver online, pemerintah juga berencana membantu karyawan sektor formal.

Bantuan kepada karyawan di sektor formal ini supaya dapat menjaga sektor ekonomi sehingga dapat menjaga daya beli.

Pemerintah berencana memberi dana insentif maupun bantuan sosial kepada karyawan sektor formal.

Rencana pemberian insentif dan bantuan sosial bagi karyawan sektor formal ini disampaikan Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono dalam keterangannya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (26/3/2020).

"Kita akan besarkan dana operasional BP Jamsostek untuk memberikan bansos yang besarnya masing-masing Rp1 juta, plus insentif Rp1 juta selama empat bulan, jadi Rp5 juta per orang," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima TribunJakarta.com .

Selain karyawan sektor formal, pemerintah juga mengkaji bantuan bagi para pekerja non formal.

Bagi para pekerja non formal, pemerintah telah menyiapkan kartu prakerja yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas maupun skill para pekerja.

Selain itu, pemerintah berencana menerbitkan surat utang pemulihan atau recovery bonds untuk membantu kelangsungan dunia usaha sebagai skenario agar sektor bisnis tidak terdampak dari pandemi Covid-19.

Surat utang pemulihan tersebut nantinya diterbitkan untuk Bank Indonesia atau bagi sektor swasta yang masih memiliki likuiditas.

"Pemerintah sedang menjajaki untuk mengeluarkan surat utang baru atau bonds, kira-kira namanya recovery bonds," ujar Susiwijono.

Halaman
1234
Penulis: Suharno
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved