Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

P3S Sudin Sosial Jakarta Timur Dibekali APD Evakuasi PMKS Bergejala Covid-19

Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Timur kini dibekali Alat Pelindung diri (APD) saat bertugas.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
Istimewa
Petugas medis saat evakuasi seorang PMKS yang menunujukkan gejala terjangkit Covid-19 di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (28/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Timur kini dibekali Alat Pelindung diri (APD) saat bertugas.

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam mengatakan APD berupa coverall atau beken disebut baju astronaut.

Coverall itu dikenakan saat menjaring Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang menunujukkan gejala terjangkit Covid-19.

"Enggak dikenakan setiap saat, hanya kalau dari pemeriksaan awal misalnya PMKS ini demam. Kami bekali juga dengan thermogun," kata Abdul di Kramat Jati, Rabu (29/4/2020).

Dalam satu regu P3S yang bertugas melakukan patroli menjaring PMKS, satu pasang coverall disiagakan untuk antisipasi.

Saat mendapati PMKS dengan gejala terkait Covid-19, P3S pun langsung berkoordinasi dengan tenaga medis di Puskesmas terdekat.

"Jadi sebelum petugas medis tiba di lokasi kita bisa lakukan penanganan awal. Untuk evakuasinya tetap dilakukan petugas medis, karena mereka lebih paham," ujarnya.

Selama pandemi Covid-19 Abdul menuturkan PMKS yang terjaring tak dibawa ke panti sosial, melainkan GOR untuk diisolasi sementara.

PMKS yang menunujukkan gejala terjangkit Covid-19 pun dilakukan pemeriksaan rapid test guna memastikan kesehatannya.

"Karena kami enggak pernah tahu mereka (PMKS) terjangkit atau tidak, makannya petugas dibekali APD lengkap. Kalau ternyata positif lalu dibawa ke panti kan bahaya juga," tuturnya.
 

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved