Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Dunia Berlomba Temukan Vaksin Covid-19, Menristek Tak Mau Kalah: Uji Jahe Merah dan Kelapa Murni

Kemenristek dan BRIN tengah melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji dan minyak kelapa murni tangkal Covid-19.

Editor: Suharno
ISTIMEWA
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro di kantor BNPB, Minggu (3/5/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Tim ilmu kedokteran hingga ahli farmasi seluruh dunia gencar melakukan riset untuk menemukan vaksin virus corona atau Covid-19, tak terkecuali Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset dan Teknologi (Menristek) serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga melakukan riset untuk menemukan obat penangkal Covid-19.

Kemenristek dan BRIN tengah melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji dan minyak kelapa murni yang diharapkan dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari paparan Covid-19.

Uji klinis ini disampaikan Menristek Bambang Brodjonegoro dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Polisi Gerebek Toko Kosmetik di Kota Tangerang yang Jual Obat-obatan Terlarang, 2 Pelaku Ditangkap

"Kita sudah melakukan baik sistematic review, kemudian studi bioinformatika dan saat ini sedang melakukan uji klinis, terutama di Rumah Sakit Wisma Atlet, terutama untuk bahan-bahan seperti jahe merah, jambu biji dan kemudian juga virgin coconut oil," ujar Bambang.

Ia mengatakan kementeriannya berharap para pasien dapat mendayagunakan suplemen yang sudah ada yang mengandung bahan-bahan tersebut sehingga diharapkan cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengatasi penyakit COVID-19.

"Paling tidak (dapat) meningkatkan daya tahan terhadap Covid-19 ataupun kemudian menghasilkan suplemen baru yang diharapkan bisa menumbuhkan daya tahan tubuh terhadap Covid-19," katanya.

Sementara itu, untuk obat yang diharapkan dapat mengatasi penyakit Covid-19, Menristek mengatakan kementeriannya sedang melakukan uji klinis terhadap berbagai macam obat yang direkomendasikan dari luar negeri, baik avigan, chloroquine dan tamiflu, selain juga obat pil kina yang sedang dikembangkan di Indonesia.

"Pil kina (ini) sedang kita uji sebagai salah satu alternatif obat yang barangkali bisa meringankan beban penderita Covid-19," ujarnya.

Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4, Simak Pendaftar yang Diutamakan

Selain itu, Kemenristek juga sedang melakukan riset terhadap convalescent plasma sebagai terapi untuk pasien Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved