Virus Corona di Indonesia

Diyakini Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19, Studi Baru Soal Klorokuin Justru Menyatakan Sebaliknya

Baru-baru ini sebuah studi baru menunjukkan bahwa obat klorokuin dan hidroksiklorokuin tidak menunjukkan manfaat dalam mengobati pasien virus corona.

kolase/grid.health
Obat klorokuin 

TRIBUNJAKARTA.COM - Dewasa ini Klorokuin disebut-sebut mampu mengobati pasien yang terinfeksi Covid-19.

Klorokuin fosfat (chloroquine phosphate) merupakan senyawa sintetis (kimiawi) yang memiliki struktur sama dengan quinine sulfate.

Quinine sulfate berasal dari ekstrak kulit batang pohon kina, yang selama ini juga menjadi obat bagi pasien malaria.

Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran (Unpad), Keri Lestari, mengatakan bahwa kedua struktur tersebut (quinine sulfate dan chloroquine phosphate) memiliki manfaat yang sama dalam proses penyembuhan penyakit malaria.

Klorokuin memang menjadi salah satu senyawa yang dianggap sebagai kandidat antivirus untuk Covid-19. Penelitian telah dilakukan oleh Wuhan Institute of Virology dari Chinese Academy of Sciences.

Penelitian tersebut dilakukan oleh ahli virologi Manli Wang bersama timnya, dan telah dipublikasikan dalam jurnal Nature.

Berdasarkan penelitian awal, klorokuin dapat menghambat kemampuan virus baru untuk menginfeksi dan tumbuh di dalam sel saat diuji pada kera.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Jakarta Selatan: Diam di Rumah Kunci Utama Bila Sayang Keluarga

Situs Science News menyebutkan bahwa klorokuin dapat memblokir infeksi virus dengan mengganggu kemampuan beberapa virus, termasuk SARS-CoV-2, untuk memasuki sel.

“Klorokuin juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus tanpa jenis reaksi berlebihan, yang dapat menyebabkan kegagalan organ,” tutur para peneliti.

Diyakini bisa mengobati Covid-19, Presiden Jokowi mengungkapkan telah menyiapkan hingga 3 juta klorokuin.

Halaman
1234
Penulis: Muji Lestari
Editor: Muhammad Zulfikar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved