Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Idulfitri saat Pandemi Covid-19: RSPI Sulianti Saroso Sepi, Keluarga Dilarang Lebaran Bersama Pasien

Momen Idulfitri tahun 2020 yang diperingati di tengah pandemi Covid-19 dirasakan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Suasana di jalur masuk menuju ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (3/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Momen Idulfitri tahun 2020 yang diperingati di tengah pandemi Covid-19 dirasakan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu kalangan yang sangat merasakan perbedaan tersebut ialah para perawat di rumah sakit-rumah sakit rujukan pasien Covid-19, misalnya Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Perawat Ruang ICU RSPI Sulianti Saroso, Anitha Supriono (40) menceritakan suasana di rumah sakit tempatnya bekerja pada saat ini sangat jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Beda ya. Hawanya beda kalo menurut saya," kata Anitha saat dihubungi TribunJakarta.com, Minggu (24/5/2020).

Sama dengan Jokowi, Anies Baswedan Sampaikan Pesan ke Warganya saat Lebaran: Lakukan secara Virtual

Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Begini Kondisi Lalu Lintas di Jakarta Pusat

Pada momen Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, suasana RSPI Sulianti Saroso cenderung ramai oleh keluarga pasien yang datang menjenguk.

Para keluarga pasien ini biasanya akan membawa kudapan khas Lebaran untuk diberikan kepada mereka yang masih dirawat.

Suasana seperti itu tak terjadi pada momen Lebaran tahun ini. RSPI Sulianti Saroso yang disebut Anitha sebagai salah satu zona merah Covid-19 kini terlihat sepi.

Kebijakan yang melarang adanya jam besuk pasien Covid-19 secara langsung membuat keluarga pasien tak ada yang berdatangan.

"Kan rumah sakit kita termasuk zona merah ya. Jadi ya gitulah. Rumah sakitnya dari luar itu terlihat sepi sekali, karena memang orang nggak boleh masuk," ucap Anitha yang sudah 10 tahun bekerja di RSPI Sulianti Saroso.

"Kalo tahun-tahun kemarin sih enggak seperti ini. Karena (tahun-tahun sebelumnya) tuh di rumah sakit pasiennya ada, keluarga pasien juga banyak yang ngunjungin karena di suasana Lebaran seperti itu kan. Jadi rame gitu," imbuh dia.

Meski Ditutup Imbas Covid-19, Masjid Istiqlal Masih Dibanjiri Pedagang

Para pasien yang hendak berlebaran bersama keluarga lantas hanya bisa bersilaturahmi lewat sambungan telepon.

Suasana rumah sakit yang sepi di momen Lebaran kali ini pun memunculkan kesedihan sendiri bagi Anitha.

"Jadi sedih ya, ini rumah sakit kok sepi sekali. Yang ada cuma kita tenaga medis, non-medis, sama pasien aja," tutupnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved