Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

51 Pedagang Positif Covid-19, IKAPPI Soroti Perumda Pasar Jaya : Kami Minta Bicara dari Hati ke Hati

Sebanyak 51 pedagang dari 6 pasar di wilayah DKI Jakarta dinyatakan positif covid-19

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM
Sejumlah warga mengikuti tes swab di RW 04, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (10/6/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sebanyak 51 pedagang dari 6 pasar di wilayah DKI Jakarta dinyatakan positif covid-19 hingga Kamis pagi ini.

Data tersebut berdasarkan catatan dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) melalui hasil tes pemeriksaan swab dari beberapa pedagang di Jakarta.

"Betul, ini data terbaru kami. Untuk langkah selanjutnya kami meminta kepada pemerintah dalam hal ini melalui Perumda Pasar Jaya untuk sosialisasi secara menyeluruh. Bila perlu undang kelompok-kelompok pedagang ini untuk duduk bersama," kata Reynaldi Sarijowan selaku Ketua Bidang Infokom DPP IKAPPI, Kamis (11/6/2020).

Dari 51 pedagang yang positif, terbanyak berada di Pasar Klender Jakarta Timur yang kencapai 20 orang.

Sementara 31 pedagang positif lainnya berasal dari Pasar Mester, Jatinegara 1 orang, Pasar Serdang Kemayoran 9 orang, Pasar Kedip Kebayoran Lama 2 orang, Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih 14 orang, dan Pasar Induk Kramat Jati 5 orang.

IKAPPI pun meminta kepada Perumda Pasar Jaya sebagai pengelola pasar tradisional untuk menggandeng kelompok pedagang duduk bersama dalam membahas kendala yang dihadapi selama berada di pasar, khususnya dalam hal menerapkan protokol kesehatan.

"Kami meminta kepada Perumda Pasar Jaya, undang kelompok-kelompok pedagang duduk bersama dan bicara dari hati ke hati mengenai bagaimana penerapan protokol kesehatan ini dilakukan secara serius dan merata. Saya kira ini perlu ada komunikasi yang intens antara pemerintah dan pedagang," kata dia.

Selama ini, Reynaldi menilai bahwa penerapan protokol kesehatan yang dilakukan di pasar-pasar tradisional belum terealisasi secara merata.

Pembunuhan Satu Keluarga di Balaraja Kabupaten Tangerang, Saksi Mendengar Suara Ledakan Dahsyat

Update Covid-19 di Jakarta : 8.552 Positif, 3.664 Sembuh, dan 555 Meninggal

Antisipasi Penularan Covid-19, Pedagang dan Pengunjung Pasar Pondok Labu Jalani Rapid Test

Alasannya, karena sosialisasi serta pengawasan yang cukup minim. Ia pun meminta kepada Perumda Pasar Jaya untuk lebih memerhatikan para pedagang khususnya dalam pencegahan covid-19 ini.

"Jadi memang sosialisasinya sangat minim dan perhatiannya sangat minim kepada pasar-pasar, dalam hal ini Perumda Pasar Jaya. Jadi kami minta pada Pasar Jaya kalau bisa pedagang ini diundang lah, duduk bersama untuk bicara protokol kesehatan ini. Dari hati ke hati, supaya kita para pedagang bisa menerapkan ini," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved