Breaking News:

Merck Gandeng Twitch Dukung Penanganan Multiple Sclerosis selama Pandemi Covid-19

Berdasarkan data, terdapat lebih dari 2,3 juta orang menyandang MS di seluruh dunia dengan sebagian besar didiagnosis antara usia 20 dan 40 tahun.

Shutterstock via Kompas
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNJAKARTA.COM - Dalam rangka memperingati hari multiple sclerosis  sedunia, Merck perusahaan sains dan teknologi terkemuka, berfokus untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman publik mengenai dampak dari multiple sclerosis

Multiple Sclerosis (MS) merupakan kondisi autoimun, kronis, dan inflamasi yang memengaruhi sistem saraf pusat (SSP).

Berdasarkan data, terdapat lebih dari 2,3 juta orang menyandang MS di seluruh dunia dengan sebagian besar didiagnosis antara usia 20 dan 40 tahun.

Penyakit ini terjadi dua kali lebih sering  pada perempuan dibandingkan dengan pria dan merupakan penyakit neurologis yang paling umum, tidak traumatis, dan dapat menyebabkan kelumpuhan pada orang dewasa muda.

Berdasarkan penelitian dari MS Society UK, 3 dari 5 penyandang MS seringkali merasa kesepian dikarenakan kondisi kesehatan mereka. 

Rayakan Ulang Tahun Pertama, Xing Fu Tang Luncurkan Panna Cotta Dessert Series & Berbagai Diskon

Adanya hambatan sosial, dapat menyebabkan perasaan kesepian dan terisolasi. Oleh karena itu, tema hari MS sedunia tahun 2020 – 2022 adalah MS Connections yang bertujuan untuk mendukung dan membangun komunitas yang saling terkoneksi. 

Terapi yang dilakukan untuk penyakit MS mempunyai dampak terhadap sistem imunitas tubuh.

Pilihan pengobatan DMT (disease modifying treatment) untuk penyandang MS cukup kompleks dan perlu mempertimbangkan banyak faktor.

Salah satunya adalah potensi peningkatan risiko infeksi COVID-19 dalam periode beberapa bulan ke depan.

Oleh karena itu, para penyandang MS yang rutin menjalakankan terapi disarankan untuk berkonsultasi via virtual dengan dokter yang merawat sebelum menghentikan atau mengubah pengobatan selama masa pandemi COVID-19.

Halaman
12
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved