Breaking News:

Jakarta Terapkan PSBB Transisi

Pariwisata Pulau Seribu Mulai Buka Besok, Ini Salah Satu Hal yang Wajib Dibawa Wisatawan

Lurah Pulau Tidung Hafsah menegaskan, surat bebas Covid-19 menjadi syarat wajib bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke wilayahnya.

ISTIMEWA/Dokumentasi Kelurahan Pulau Tidung
Penyemprotan di penginapan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. 

Laporan Wartawan Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU - Akses masuk wisatawan ke Kepulauan Seribu akan mulai dibuka pada Sabtu (13/6/2020) di tengah masa PSBB transisi.

Untuk itu, wisatawan diimbau membawa surat bebas Covid-19 jika ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu, misalnya ke Pulau Tidung.

Lurah Pulau Tidung Hafsah menegaskan, surat bebas Covid-19 menjadi syarat wajib bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke wilayahnya.

"Saya terapkan jika pengen datang bisa saja, asal ada surat bebas Covid-19, jadinya aman kan," ujar Hafsah, Jumat (12/6/2020).

Di sisi lain, para wisatawan nantinya wajib untuk menjalani standar protokol kesehatan Covid-19.

Pengukuran suhu tubuh, pemakaian masker, penerapan jaga jarak, serta cuci tangan menjadi hal wajib dijalani bagi para wisatawan.

"Kita di sini juga rutin monitor setiap kedatangan kapal dan melakukan screening suhu tubuh. Jika tidak memenuhi syarat, maka tidak dibolehkan masuk," kata Hafsah.

Tak hanya imbauan kepada wisatawan, pihak Kelurahan Pulau Tidung juga telah mensosialisasikan protokol pencegahan Covid-19 kepada para pengelola 261 penginapan atau homestay.

Salah satunya yang ditegaskan ialah, penginapan hanya boleh menerima wisatawan maksimal 50 persen dari kapasitas yang ada.

"Sudah ada sosialisasi kepada homestay, protokol apa saja yang harus dimiliki seperti wastafel, buku catatan tamu mulai dari nama dan lain-lain," tutupnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved