Breaking News:

Persiapan New Normal di Jabodetabek

Sejumlah Trayek Bus AKAP Mulai Beroperasi di Terminal Induk Kota Bekasi, Secara Bertahap

Sejumlah trayek bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Induk Kota Bekasi mulai beroperasi secara bertahap di simulasi adaptasi new normal.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Suasana Terminal Induk Kota Bekasi di Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur, Sabtu, (13/6/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Sejumlah trayek bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Induk Kota Bekasi mulai beroperasi secara bertahap di masa simulasi adaptasi new normal.

Pantauan TribunJakarta.com di Terminal Induk Kota Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, sejumlah armada bus untuk beberapa tujuan sudah melayani penumpang.

Suasana di terminal juga tampak berangsur pulih setelah sebelumnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik yang memaksa perusahaan otobus (PO) urung beroperasi.

Kepala Terminal Induk Kota Bekasi Muhammdan Kurniawan mengatakan, operasional sejumlah bus AKAP mulai dilakukan sejak Senin, (8/6/2020) lalu.

Sampai saat ini kata dia, trayek bus AKAP untuk beberapa tujuan sudah tersedia secara bertahap.

"Benar sudah mulai beroperasi, sejak Senin (8/6) kemarin sesuai SE (surat edaran) nomor 5 kita diperbolehkan beroperasi," kata Kurniawan kepada TribunJakarta.com, Sabtu, (13/6/2020).

Raphael Maitimo Terkenang Golnya saat Persita Tangerang Hadapi Tira Persikabo: Baru Main Menit ke-70

Sejauh ini, trayek bus AKAP yang tersedia diantaranya Jawa seperti Tegal, Garut dan Cirebon serta bus tujuan Sumatera atau Pelabuhan Bakauheni.

"Secara bertahap belum semua, kaya ke Bandung sama ke Tangerang belum ada karena beberapa daerah masih tutup terminalnya," jelasnya.

Kurniawan menambahkan, sejauh ini operasional armada dari beberapa PO memang belum dilakukan secara penuh.

Jumlah armada rata-rata setiap hari yang masuk ke Terminal Induk Bekasi sejak awal beroperasi hanya 30 bus.

"Masih bertahap belum semua beroperasi, kalau normal itu rata-rata di Terminal Bekasi bisa 400 bus yang masuk," terang dia.

Mobil Tabrak Truk, Ibu dan Anak Jadi Korban Kecelakaan di Tol Cikampek

Untuk penumpang kata dia, sejak dibuka kembali sejauh ini bisa dikatakan masih terbilang landai.

Pihak terminal juga mewajibkan PO Bus mematuhi protokoler kesehatan seperti kapasitas penumpang 50 persen, wajib masker dan sebagainya.

"Kalau saat ini mungkin bisa diakatakan masih landai, satu bus ada yang isi 13, atau yang 60 penumpang tapikan kita maksimal 50 persen jadi harus dibagi dua bus," terang dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved