Breaking News:

Persiapan New Normal di Jabodetabek

Dukung Penerapan New Normal, Rutan Cipinang Siapkan Mesin Self Service Kunjungan

Nantinya, keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang hendak berkunjung bisa mendownload aplikasi Rutan Cipinang di Play Store

TribunJakarta.com/Bima Putra
Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Liberti Sitinjak saat meninjau operasional mesin self service kunjungan di Rutan Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (17/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Berbagai pihak terus melakukan persiapan menyambut new normal menghadapi pandemi Covid-19, tak terkecuali Rutan Klas I Cipinang.

Meski layanan kunjungan keluarga tatap muka langsung masih dihentikan, Kanwilkumham DKI menyiapkan mesin kunjungan self service.

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Liberti Sitinjak mengatakan mesin ini sudah berfungsi dan siap digunakan saat layanan kunjungan keluarga dibuka.

"Ini upaya kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga," kata Liberti di Rutan Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (17/6/2020).

Nantinya, keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang hendak berkunjung bisa mendownload aplikasi Rutan Cipinang di Play Store.

Setelah diunduh, keluarga diminta mengisi data diri WBP yang hendak mereka kunjungi dan menjadwalkan waktu kunjungan.

"Jadi kalau mau besuk sejak jauh-jauh hari sudah bisa dijadwalkan, ini untuk mempermudah mereka," ujarnya.

Promo Burger Kings Chicken, Hanya Rp 19 Ribuan Dapat Ayam, Nasi, dan Minum!

Sitinjak menuturkan setelah mengisi data kunjungan, keluarga mendapat barcode yang lalu ditunjukkan ke hadapan web cam mesin.

Barcode tersebut bakal diproses dengan data WBP Rusia Klas I Cipinang sampai akhirnya keluarga dapat printan kertas kunjungan.

"Kritik juga diharapkan agar inovasi ini benar-benar bermanfaat untuk publik, kami sangat harapkan itu untuk menjadi lebih baik," tuturnya.

Sitinjak menyebut setelah keluarga menunjukkan bukti print tersebut dan melewati pemeriksaan petugas, mereka dapat menemui WBP.

Rutan Klas I Cipinang sendiri kini memiliki dua mesin self service kunjungan yang siap digunakan keluarga saat membesuk WBP.

"Seluruh UPT pemasyarakatan juga sudah merancang. Namun karena pandemi Covid 19, agak sedikit mundur. Harapannya semua bisa melakukan hal ini dalam waktu dekat dan segera diluncurkan," lanjut Sitinjak.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved