Antisipasi Virus Corona di DKI

Wali Kota M Anwar Sebut Pasar dan Rutan Jadi Klaster Covid-19 di Jakarta Timur

Sudin Kesehatan Jakarta Timur hari ini menggelar tes swab Covid-19 bagi pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Pondok Bambu.

Penulis: Bima Putra | Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat melewati bilik disinfektan di Rutan Kelas I Pondok Bambu, Duren Sawit, Jumat (19/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Sudin Kesehatan Jakarta Timur hari ini menggelar tes swab Covid-19 bagi pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Pondok Bambu.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan kegiatan tersebut digelar karena Rutan termasuk kluster penularan Covid-19 terbanyak di wilayahnya.

"Salah satu klaster di Jakarta Timur yang tinggi adalah Rutan dan Pasar. Kurang lebih hari ini sekitar 150 (diswab), yang enam orang ini dari binaan," kata Anwar di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (19/6/2020).

Pernyataannya didasari penelusuran Sudin Kesehatan Jakarta Timur di sejumlah pasar dan Rutan yang menemukan kasus positif Covid-19.

Layanan TOD dan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta Masih Ditutup Sampai 28 Juni 2020

Jumlah kasus terkonfirmasi Pasar Induk Kramat Jati hingga kini tercatat 49 orang, sementara di Rutan Klas I Pondok Bambu tercatat sekitar 30 orang.

"Warga binaan di sini ada 530 (Rutan Pondok Bambu), jadi 600 lebih sama karyawannya. Minggu besok berlanjut (pemeriksaan swab), mungkin Rabu kita ke sini lagi," ujarnya.

Anwar menuturkan pemeriksaan di Rutan penting dilakukan karena para pegawai juga melakukan kontak langsung dengan warga Jakarta Timur.

Pun dengan pedagang pasar yang setiap hari melakukan kontak langsung dengan para pembeli sewaktu menjajakan dagangannya.

Langgar Aturan Ganjil Genap, Pedagang Membandel di Pasar Kopro Jakarta Barat Buka Lebih Siang

"Progres berikutnya seluruh binaan kita akan swab, memastikan bebas dari Covid-19. Supaya tidak ada carrier, penularan ke mana-mana," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved