Breaking News:

7 Maskapai Langgar Tarif Batas Atas, Kemenhub Revisi Harga Tiket Penerbangan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan evaluasi peraturan tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA) tiket penerbangan.

www.brainscape.com
Ilustrasi Pesawat 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan evaluasi peraturan tarif batas bawah (TBB) dan tarif batas atas (TBA) tiket penerbangan.

Evaluasi dilakukan setelah lahir keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengungkap beberapa maskapai yang memainkan harga tiket penerbangan pada periode 2018-2019.

"Terkait tarif batas atas dan bawah terus terang kami akan melihat semua evaluasi dulu, parameter banyak ada bahan bakar, gaji, juga semua parameter untuk jadi evaluasi," terang Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (25/6/2020).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto saat memantau persiapan Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2, memasuki masa new normal, Kamis (25/6/2020).
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto saat memantau persiapan Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2, memasuki masa new normal, Kamis (25/6/2020). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

Ia melanjutkan, Kemenhub menghormati keputusan KPPU tentang Dugaan Pelanggaran Pasal 5 dan Pasal 11 UU Nomor 5 Tahun 1999.

Pasal tersebut terkait jasa angkutan udara niaga berjadwal penumpang kelas ekonomi dalam negeri yang melibatkan tujuh maskapai udara nasional.

Pada sidang putusan yang dilaksanakan pada Selasa (23/6/2020), seluruh terlapor secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran atas pasal 5 dalam jasa angkutan udara.

"Kita sangat menghargai apa yang sudah diputuskan KPPU dan kami juga mengimbau operator untuk tunduk pada keputusan KPPU," sambung Novie.

Menurutnya, dalam keputusan KPPU itu tidak menjelaskan pelanggaran terkait tarif batas atas (TBA).

Dimana, lanjut Novie, yang ada hanya maskapai wajib lapor.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved