Breaking News:

Masih Muncul Busa Di Aliran KBT, Ini Penjelasan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta buka suara perihal busa tebal di aliran Banjir Kanal Timur (KBT), Duren Sawit, Jakarta Timur.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Suasana di Pintu Air WFIR 2 Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (4/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta buka suara perihal busa tebal di aliran Kanal Banjir Timur ( KBT), Duren Sawit, Jakarta Timur.

Setelah muncul busa tebal berwarna putih di aliran KBT, tim Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan tindak lanjut sejak akhir Juni 2020 lalu.

Untuk itu pintu air WFIR-1 Malaka Sari sudah ditutup sejak pekan lalu oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Penutupan ini dilakukan dalam rangka pengurasan air yang ada di kawasan KBT, yakni sepanjang aliran Hulu hingga Weir 1 Malaka Sari.

PPDB DKI Jakarta Zonasi Bina RW Timbulkan Polemik Baru, Orangtua Murid: Cuma Beda RW Gak Bisa Daftar

Nantinya, hal ini dilakukan secara rutin dan berkala oleh pihak BBWSCC.

"Sehingga terjadi fenomena turbulensi aliran akibat ketinggian yang berbeda dari sisi yang berlawanan yang dipicu oleh penutupan Pintu Air Weir 1 Malaka Sari tersebut. Akibatnya aliran mengalami pergerakan yang kuat yang dapat menimbulkan busa di permukaannya," jelas Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan saat dikonfirmasi, Sabtu (4/7/2020).

Yogi melanjutkan, kemunculan busa ini bersumber dari limbah detergen.

Sebab, banyak masyarakat yang menggunakan detergen keras untuk mencuci di rumah tangga, bisnis cuci kendaraan dan laundry pakaian.

Busa Tebal Kembali Menyelimuti Aliran KBT di Pintu Air Ujung Menteng Jakarta Timur

"Sumber air BKT berasal dari Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan beberapa PHB yang melintas di Jatinegara dan Duren Sawit yang memang berasal buangan limbah masyarakat yang banyak mengandung detergen keras," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved