Breaking News:

Gempa Hari Ini Guncang Jepara Magnitudo 6,1, Tidak Berpotensi Tsunami

Pagi tadi sekira pukul 05:54 WIB, telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020).

bodnarchuk // Kompas.com
Ilustrasi gempa 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pagi tadi sekira pukul 05:54 WIB, telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, meminta masyarakat untuk tidak termakan berita bohong alias hoaks terkait gempa bumi di Jepara pagi ini.

Rahmat menegaskan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 tidak berpotensi tsunami.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut."

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tribunnews, Selasa.

Ia juga melaporkan dari hasil monitoring BMKG hingga pukul 06.50 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Oleh karena itu, Rahmat meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa."

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah."

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website BMKG atau melalui Mobile Apps IOS dan Android," beber Rahmat.

Halaman
1234
Editor: Siti Nawiroh
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved