9 Sunnah yang Bisa Dilakukan Pada Hari Jumat, Baca Surat Al-Kahfi hingga Perbanyak Dzikir

Bagi umat mulsim, Hari Jumat memang menjadi hari yang istimewa. Bisa dikatakan hari Jumat adalah hari raya mingguan umat muslim.

Editor: Siti Nawiroh
Surya/Ahmad Zaimul Haq
ILUSTRASI MENGAJI: Jemaah membaca Alquran saat iktikaf di dalam masjid pada malam ganjil hari ke-21 Ramadan di Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (16/6) dini hari. Pada malam ke-21 Bulan Ramadan 1438 Hijriyah, Masjid Al Akbar Surabaya dikunjungi ribuan umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan berharap mendapatkan malam Lailatulkadar yang diyakini sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Bagi umat mulsim, Hari Jumat memang menjadi hari yang istimewa.

Bisa dikatakan hari Jumat adalah hari raya mingguan umat muslim. 

Bagi laki-laki yang sudah baligh diwajibkan untuk melaksanakan Salat Jumat berjamaah.

Seperti yang disebutkan dalam QS. AlJumu’ah: 9-10:

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan salat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. AlJumu’ah: 9-10)

Bahkan setiap hari jumat tagar #JumatBerkah selalu menjadi tranding di media sosial Twitter.

Jumat Berkah trending di Twitter
Jumat Berkah trending di Twitter (Tangkapan layar Twitter)

Berikut ini 9 amalan sunah yang bisa dilakukan untuk perempuan dan laki-laki di hari Jumat yang telah dirangkum Tribunnews.com dari berbagai sumber.

1. Membaca Surah Al Kahfi

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

I'TIKAF - Umat muslim membaca Al Quran saat I'tikaf di Masjid Al Akbar, Rabu (6/6) dini hari. Menginjak malam 21 Ramadan, Masjid Al Akbar menggelar acara ibadah qiyamul lail, untuk memperoleh berkah lailatul qadar. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi membaca Al Quran  (SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

2. Perbanyak shalawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.

Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?”

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved