Breaking News:

Danamart Siap Bantu Sekolah Menghadapi Pendidikan di Era New Normal

Di Indonesia, institusi pendidikan masih cukup sulit untuk mendapatkan pembiayaan yang didapatkan dari lembaga keuangan konvensional

Shutterlock
Ilustrasi Siswa di Sekolah 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pendidikan dalam masa #NewNormal saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi institusi pendidikan karena semua orang telah berbulan-bulan berada di rumah.

Pemerintah menggulirkan wacana "New Normal" termasuk kenormalan baru dalam bidang pendidikan dimana sekolah wajib memfasilitasi seluruh murid untuk mendapatkan pendidikan bagaimanapun caranya.

Mengutip dari UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 “Bahwa setiap Warganegara berhak mendapatkan pendidikan”; atas dasar ini pula segala cara ditempuh Pemerintah dengan membuat peraturan-peraturan baru dalam pendidikan.

Aturan sesuai SE Mendikbud No. 4 Tahun 2020, yaitu prinsip pelaksanaan “Belajar di Rumah” (BDR) untuk tetap memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi setiap siswa. Hal ini yang membuat mau tidak mau, sekolah juga wajib merubah sistem belajar-mengajar yang selama ini dilakukan secara regular tatap-muka.

Tidak memungkiri fakta, penambahan fasilitas dalam hal restrukturisasi sistem dirasakan cukup membebani dalam hal penyediaan penganggarannya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bagaimana saat ini pendanaan modal kerja melalui tekfin berkembang sangat pesat, demikian pula dengan Danamart. Berawal dari bantuan pendanaan modal kerja bagi UKM untuk tumbuh dan berkembang, Patrick Gunadi, CEO Danamart melihat potensi besar untuk membantu pendidikan di Indonesia, melalui pembiayaan untuk institusi pendidikan.

Di Indonesia, institusi pendidikan masih cukup sulit untuk mendapatkan pembiayaan yang didapatkan dari lembaga keuangan konvensional.

Danamart memperkenalkan proses sekuritasi untuk Lembaga Pendidikan yaitu mengubah aset tidak likuid dan menjadikannya aset likuid yang dapat digunakan untuk menambah atau memperbaiki fasilitas sekolah untuk kesiapan new normal secara digital.

Pendidikan Masih Jadi Pekerjaan Rumah Pemkot Tangerang Saat Pandemi, Wali Kota: Banyak Kendala

Wakil Ketua DPRD Desak Anies Baswedan Gratiskan Pendidikan Bagi Siswa Tak Mampu di Sekolah Swasta

“Kami ingin membantu setiap institusi mendapatkan kemudahan, mengingat pendidikan saat ini membutuhkan pembiayaan dari segala bidang,” kata Patrick Gunadi, CEO Danamart dalam keterangannya, Jumat (7/8/2020).

Sejak mulai dikenalkan di bulan Februari 2020 untuk produk pembiayaan pendidikan bagi seluruh pelajar di Indonesia, DanaStudi, dan di bulan Mei 2020 untuk institusi pendidikan, dalam waktu dua bulan Danamart telah membantu pembiayaan untuk penambahan sarana dan perluasan bisnis Yayasan Pendidikan Nurul Ilma (YAPNI) di Bogor yang memiliki pendidikan mulai dari TK sampai dengan SMA dan SMK.

Terkenal dengan pendidikan kejuruan di keperawatan dan teknik informatika, SMK ini mendapatkan berbagai macam penghargaan.

Selain itu, dalam pembiayaan pendidikan ini, Danamart memberikan fasilitas kerjasama dengan memudahkan Yayasan untuk melakukan pembayaran cicilan dengan virtual account bersama dimana akun tersebut akan dapat digunakan untuk seluruh pelajar sekolah untuk melakukan pembayaran sekolah.

“Karena market pelajar kami dari kelas menengah kebawah, dan rata-rata masih menggunakan setoran manual, maka dengan adanya join akun bersama ini, bisa memfasilitasi mereka untuk dapat melakukan pembayaran sekolah elektronik dan bahkan sudah bisa dilakukan melalui waralaba Indomaret dan Alfamart. Ini sangat memudahkan siswa sehingga tidak perlu ke sekolah untuk bayar," kata Ade Sunaryo, Ketua Pembina, YAPNI.

“Sekali kerjasama, maka peluang-peluang lain pastinya akan ada yang bisa digali," ujar Patrick.

Melalui pembiayaan untuk penambahan fasilitas ini, diharapkan YAPNI akan lebih siap dalam mempersiapkan pendidikan #NewNormal dan membantu YAPNI makin terdepan dalam pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved