Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Indonesia

Tak Pakai Masker Saat di Luar Rumah, 101.478 Orang Terjaring Razia Satpol PP Selama PSBB Transisi

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, ratusan ribu pelanggar itu dikenakan sanksi berupa kerja sosial dan denda

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
ISTIMEWA/Dokumentasi Satpol PP Jakarta Barat
Petugas Satpol PP menindak masyarakat di Pasar Asemka, Jakarta Barat yang tak mengenakan masker, Selasa (21/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Satpol PP DKI Jakarta terus memperketat pengawasan protokol kesehatan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi.

Tercatat hingga 18 Agustus lalu, ada 101.478 orang yang terjaring razia akibat tak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, ratusan ribu pelanggar itu dikenakan sanksi berupa kerja sosial dan denda.

"Ada 90.277 orang yang beri sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum dan 11.201 lainnya kami jatuhi sanksi denda," ucapnya, Kamis (20/8/2020).

Dari jumlah 11.201 orang yang dikenakan sanksi denda, Satpol PP DKI telah menyetorkan uang Rp 1,6 miliar lebih ke kas daerah.

"Total denda yang terkumpul dari perorangan yang tak mengenakan masker mencapai Rp 1.662.860.000," ujarnya saat dikonfirmasi.

Selain itu, tercatat hingga 18 Agustus lalu, Satpol PP DKI juga telah menindak 842 tempat usaha atau fasilitas umum yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Rinciannya, ada 679 tempat usaha kami beri teguran tertulis dan 163 lainnya kami denda," kata Arifin.

Wanita di Karaoke Venesia BSD Dijajakan dengan Tarif Jutaan Rupiah

Kemendikbud Belum Umumkan Jadwal Tes SKB CPNS 2019, Ini Bocoran Tanggal dan Format Ujiannya

Kemudian, ada 80 kegiatan sosial budaya yang diberi sanksi akibat melanggar protokol kesehatan selama PSBB masa transisi.

"Dari jumlah itu, 17 kegiatan sosial budaya kami beri teguran tertulis, 37 kami jatuhi denda, dan 26 kami segel," tuturnya.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini pun mengimbau kepada masyarakat untuk taat dan patuh terhadap protokol kesehatan.

Sebab, upaya pencegahan yang telah dijalankan pemerintah tak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari masyarakat.

"Caranya dengan menjalankan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak aman 1,5 hingga 2 meter, dan mencuci tangan secara rutin," ucapnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved