Breaking News:

Begini Cara Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI Secara Kolektif

Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan masyarakat bisa menukar uang kemerdekaan di semua bank umum mulai 1 Oktober.

ISTIMEWA
uang baru Rp 75 ribu. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Tingginya minat masyarakat menukar uang kemerdekaan sejak diluncurkan Agustus lalu membuat Bank Indonesia (BI) mengeluarkan kebijakan masyarakat bisa menukar uang kemerdekaan di semua bank umum mulai 1 Oktober.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumsel, Hari Widodo mengatakan penukaran uang di bank umum saat ini sudah bisa dilakukan namun mekanismenya kolektif yakni bank itu yang akan mendaftarkan nasabah yang akan menukar bukan dilayani penukaran seperti menukar uang pecahan kecil menjelang lebaran.

Hari mengatakan lamanya nasabah mendapatakan uang tersebut tergantung dari kelengkapan data yang disetor nasabah dan berapa banyak jumlah nasabah yang akan menukar.

"Minat masyarakat sangat tinggi menukar uang kemerdekaan ini sehingga kita minta bantuan bank umum agar bisa mendistribusikannya tapi dengan memenuhi ketentuan yang ada yakni satu e KTP untuk satu yang kemerdekaan, hal ini dilakukan agar semua masyarakat kebagian," ujar Hari, Kamis (1/10/2020).

Hari menjelaskan penukaran di bank umum ini nantinya bank yang akan bertindak sebagai kolektif yang akan mendaftarkan nasabah pada laman penukaran uang kemerdekaan.

Mekanismenya sama yakni bank akan menginput satu per satu data nasabah yang akan menukar uang dan mengirimkan email permohonan penukaran uangnya.

Data yang sudah diinput ini nantinya akan diverifikasi oleh BI dan melihat apakah syarat sudah lengkap.

Jika ada yang belum lengkap maka akan ada email balasan agar melengkapi data yang diinginkan.

Setelah semua lengkap maka barulah akan ada notifikasi kapan uang bisa diambil.

Hari mengatakan meski penukaran sudah dibuat di bank umum namun penukaran langsung di BI Sumsel baik perorangan atau kolektif juga masih tetap dilayani.

Halaman
1234
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved