Breaking News:

Libur Cuti Bersama

Libur Panjang Cuti Bersama, Keberangkatan Penumpang di Terminal Terpadu Pulo Gebang Mulai Melonjak

Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur mulai mengalami lonjakan keberangkatan penumpang pada libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

ISTIMEWA
Kondisi di ruang tunggu keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (27/10/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur mulai mengalami lonjakan keberangkatan penumpang pada libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kasatpel Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang Afif Muhroji mengatakan lonjakan keberangkatan mulai tampak sejak Selasa (27/10/2020).

"Kalau dibandingkan dengan situasi saat PSBB (pembatasan sosial berskala besar) biasanya kita mengalami kenaikan sekitar 20 persen," kata Afif saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Rabu (28/10/2020).

Meski melonjak 20 persen atau jumlah keberangkatan di Terminal Terpadu Pulo Gebang dalam beberapa hari terakhir berkisar 1.000 penumpang.

Namun jumlah tersebut masih anjlok bila dibanding sebelum pandemi, yakni 2-3 ribu keberangkatan saat hari kerja dan 5-6 ribu saat akhir pekan atau libur.

"Untuk keberangkatan ke Sumatera mayoritas ke Padang. Lalu untuk ke Jawa kebanyakan ke Jawa Timur, khususnya Madura, sisanya ke Jawa Tengah dan Jawa Barat," ujarnya.

Afif menuturkan tak ada kenaikan harga tiket keberangkatan pada libur panjang kali ini karena sejak diberlakukan PSBB harga sudah lebih dulu melonjak.

Perusahaan otobus (PO) sejak awal pandemi menaikkan harga karena hingga kini jumlah penumpang dalam bus dibatasi, maksimal 50 persen dari kapasitas kursi.

"Untuk protokol kesehatan sudah kita siapkan. Setiap calon penumpang yang datang terlebih dulu harus mencuci tangan saat masuk terminal. Mereka juga harus mengenakan masker, menjaga jarak," tuturnya.

Penumpang juga diminta mengisi formulir Corona Likelihood Metric (CLM) yang menunjukkan kondisi kesehatannya sesuai ketentuan Pemprov DKI Jakarta.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved