Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Alasan Kontrak Kerja Sama The Green Hotel Sebagai Fasilitas Isolasi Covid-19 Tak Diperpanjang

The Green Hotel pertama kali beroperasi merawat pasien Covid-19 pada, 7 Oktober 2020 lalu dan berakhir pada 30 Oktober 2020 kemarin

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
The Green Hotel Bekasi 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Kontak kerja sama pemanfaatan The Green Hotel Bekasi sebagai fasilitas isolasi pasien Covid-19 tak diperpanjang, hal ini disebabkan tingkat keterisian yang dinilai sedikit.

"Tingkat okupansinya (keterisian) sedikit, sehingga cukup dengan menggunakan RSD (Rumah Sakit Darurat) Stadion Patriot," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Agus Harpa, Senin, (2/11/2020).

Kontrak kerja sama The Green Hotel untuk dipakai sebagai fasilitas isolasi pasien positif Covid-19 dilakukan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Mereka sebelumnya mengajukan diri dan mengirim proposal dengan dibantu BPBD Kota Bekasi sebagai kepanjangan tangan BNPB di tingkat kota.

Baca juga: Kuasa Hukum Bakal Ajukan Banding Bila Vonis Vanessa Angel Lebih Berat dari Tuntutan JPU

Baca juga: Massa Aksi Kepung Jalan MH Thamrin, Gelar Aksi Bela Nabi Kecam Pernyataan Presiden Perancis

The Green Hotel pertama kali beroperasi merawat pasien Covid-19 pada, 7 Oktober 2020 lalu dan berakhir pada 30 Oktober 2020 kemarin.

Secara kumulatif, pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 yang sempat dirawat di sana sebanyak 52 orang, 32 diantaranya sembuh dan sembilan orang dirujuk ke rumah sakit setelah menunjukkan gejala.

The Green Hotel terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, hotel bintang dua ini merupakan satu-satunya hotel yang dimanfaatkan sebagai fasilitas isolasi di wilayah setempat.

Selama beroperasi merawat pasien, segala aspek kelengkapan tim medis disiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi yang siaga bertugas di hotel tersebut.

Sebagai rincian, The Green Hotel memiliki 90 kamar dengan 60 diantaranya kategori twin bed atau dua tempat tidur dan 30 sisanya adalah single bed atau satu tempat tidur.

Adapun sampai akhir masa beroperasi, masih terdapat 11 pasien yang dirawat di sana, seluruhnya kemudian dipindahkan ke RSD Stadion Patriot untuk lanjut melakukan isolasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved