Penjelasan Kodam Jaya Soal Personel TNI-Polri dan Satpol PP Sambangi Rumah Rizieq Semalam

personel TNI, Polri dan Satpol PP menyambangi rumah Imam Besar FPI Rizieq Shihab atau Habib Rizieq di kawasan petamburan pada Sabtu (21/11/2020) malam

Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Belum turun dari mobilnya, Habib Rizieq Shihab langsung menyerukan revolusi akhlak ke massa yang menyambutnya di Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2020). Imam Besar FPI itu pulang ke rumahnya di Petamburan III, Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat, setibanya dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Kepala Penerangan Kodam Jaya Letkol Arh Herwin Budi Saputra menanggapi terkait kabar yang menyebut personel TNI, Polri dan Satpol PP menyambangi rumah Imam Besar FPI Rizieq Shihab atau Habib Rizieq di kawasan petamburan pada Sabtu (21/11/2020) malam.

Herwin mengatakan semalam memang ada patroli rutin yang sudah sejak lama dilaksanakan dengan melibatkan tiga pilar.

Unsur tersebut, kata Herwin, melibatkan Kodim 0501 Jakarta Pusat, Polres Jakarta Pusat, dan Kotamadya Jakarta Pusat.

Herwin mengatakan patroli rutin tersebut dalam rangka pengamanan di wilayah Jakarta Pusat dengan rute patroli yang sudah diatur.

Baca juga: Ajak Swab Test Konfirmasi Soal Kabar Positif Covid-19, TNI-Polri dan Satpol PP Sambangi Rumah Rizieq

"Untuk patroli malam memang dilaksanakan sesuai program dari unsur tiga pilar Kodim 0501 Jakpus, Polres Jakpus, dan Kotamadya Jakpus dengan rute patroli yang sudah diatur dan tujuan kegiatan adalah dalam rangka pengamanan di wilayah Jakarta Pusat," kata Herwin ketika dihubungi Tribunnews.com pada Minggu (22/11/2020).

Namun demikian, kata Herwin, patroli tersebut bukan hanya dilakukan ke Petamburan melainkan juga ke wilayah lain.

"Patroli bukan hanya ke Petamburan, mereka patroli sesuai dengan rute di wilayah Jakpus," kata Herwin.

Diberitakan sebelumnya, aparat gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP menyambangi kediaman Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab pada Sabtu (21/11/2020) malam.

Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan, membenarkan peristiwa tersebut.

Akan tetapi, menurut penuturan Singgih, ketiga aparat gabungan itu tidak menemui Habib Rizieq di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, lantaran yang bersangkutan tengah beristirahat.

"Aparat memang ingin bertemu dengan Habib Rizieq. Tapi tidak bisa karena yang bersangkutan sedang beristirahat dan menyatakan sudah tak menerima tamu," kata Singgih saat dikonfirmasi, Minggu (22/11/2020).

Tujuan TNI, Polri, dan Satpol PP mendatangi rumah Habib Rizieq, dijelaskan Singgih, yakni ingin mengajaknya untuk swab test karena ada kabar dirinya positif Covid-19.

Baca juga: Jusuf Kalla Ungkap Alasan Ratusan Ribu Masyarakat Lebih Pilih Habib Rizieq untuk Suarakan Aspirasi

"Dengan beredarnya isu sakit maka untuk memastikan apakah terpapar Covid-19 atau tidak maka harus tes swab. Aparat sudah menyampaikan agar Habib Rizieq tes swab karena yang bersangkutan sempat beberapa kali berada di tengah kerumunan orang banyak," jelasnya.

Sebelumnya, pihak FPI pun sudah menepis bahwa Habib Rizieq terpapar Covid-19.

"Tidak benar kalau beliau sakit, apalagi Covid-19, itu bohong dan berita sesat," kata Wakil Sekretaris Umum Aziz Yanuar kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Aziz mengatakan kondisi Habib Rizieq saat ini sehat. Saat ditanya di mana keberadaan Rizieq, dia mengaku tidak mengetahui.

"Ini jelas beliau sehat walafiat. Kurang tahu saya (posisi HRS), bisa ditanya ke keluarga untuk lebih jelasnya," ujarnya.

Dia juga membantah kabar bahwa putri Habib Rizieq, Syarifah, dan suaminya, Habib Hanif, positif Covid-19. "Enggak, kemarin ketemu," kata Aziz soal Syarifah dan Habib Han

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved